Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemkominfo Gandeng Traveloka Dukung Agenda DEWG G20

DEWG G20 tersebut bertujuan untuk menyukseskan pembahasan ekonomi digital menuju ekosistem digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 Agustus 2022  |  14:54 WIB
Kemkominfo Gandeng Traveloka Dukung Agenda DEWG G20
Karyawan beraktivitas di kantor Traveloka, di Jakarta. - REUTERS/Beawiharta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggandeng 40 anggota penyelenggara platform digital di Indonesia untuk tergabung dalam Industry Task Force Digital Economy Working Group (ITF-DEWG) Presidensi G20 Indonesia 2022.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Chair Digital Economy Working Group G20 Mira Tayyiba mengatakan kolaborasi ITF dalam DEWG G20 tersebut bertujuan untuk menyukseskan pembahasan ekonomi digital menuju ekosistem digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

Dia melanjutkan, kolaborasi dilakukan lantaran mengingat peluang pemulihan ekonomi yang tumbuh akibat meningkatnya ruang digital dalam aktivitas ekonomi yang semakin intensif.

Survei Kominfo bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan sebesar 77 persen penduduk Indonesia sudah menggunakan internet hingga lebih dari 8 jam sehari.

“Melihat aspek digital sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat kita, optimalisasi pemanfaatan keterampilan digital sangat dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan tujuan DEWG G20 untuk mencapai transformasi digital secara utuh dan menghasilkan nilai tambah di setiap sektor ekonomi nasional,” ujarnya lewat rilisnya, Sabtu (20/8/2022).

Ada tiga isu prioritas yang menjadi pembahasan DEWG, yakni konektivitas dan pemulihan pascapandemi, kecakapan digital dan literasi digital, serta arus data lintas batas negara. Guna menyelaraskan hasil diskusi transformasi digital dengan pertumbuhan ekonomi nasional, DEWG juga mengundang para pakar ekonomi untuk mendiskusikan aspek ekonomi dalam tiga isu prioritas tersebut.

Di sisi lain, dipercaya oleh Kemkominfo untuk menjadi Koordinator ITF DEWG G20 2022, sebagai platform perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara, Traveloka turut mendorong pelaku di industri pariwisata mengadopsi teknologi untuk membantu memperluas akses layanan mereka dan juga mendorong roda bisnis mereka terus berjalan.

Vice President of Public Policy & Government Relations Traveloka Widyasari Listyowulan menyampaikan, platform digital memungkinkan akses yang lebih luas dan mudah bagi pelaku usaha dan konsumen.

“Karena itu, melalui keanggotaan Traveloka dalam Industry Task Force Digital Economy Working Group (ITF DEWG), Traveloka berperan aktif sebagai koordinator untuk membangun diskusi dan kemitraan yang kuat di antara para pelaku di industri digital untuk mengakselerasi transformasi digital dan pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Dia melanjutkan, Traveloka juga berkomitmen untuk menyediakan solusi end-to-end untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup masyarakat Indonesia, serta berkontribusi dan berdampak positif bagi ekosistem sektor pariwisata nasional yang melibatkan para mitra dan UMKM di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Traveloka g20 KTT G20 kemenkominfo kominfo
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top