Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hal Ini Diduga Jadi Penyebab Google Down di Seluruh Dunia Pagi Ini

Google sempat mengalami gangguan atau down pada pagi ini Selasa (9/8/2022). Apa penyebabnya?
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  09:33 WIB
Hal Ini Diduga Jadi Penyebab Google Down di Seluruh Dunia Pagi Ini
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). Pemerintah menerbitkan Permenkeu tentang Badan Usaha Tetap (BUT) untuk mengejar pemasukan pajak dari perusahaan asing yang berbasis di luar negeri namun bertransaksi dan memperoleh penghasilan di Indonesia termasuk perusahaan besar 'Over The Top' (OTT) atau daring seperti Google, Facebook, Youtube dan lain-lain. - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google, search engine atau mesin pencari paling terkenal di dunia sempat mengalami gangguan atau down pada pagi ini Selasa (9/8/2022). Gangguan ini pun disinyalir karena adanya insiden di data center milik Google di Iowa, Amerika Serikat.

Dilansir dari SFGate, Selasa (9/8/2022) Departemen Kepolisian Council Bluffs dan Google mengatakan ada tiga insinyur listrik yang terluka parah dan diangkut ke rumah sakit setempat setelah "insiden listrik" di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa.

Departemen Kepolisian Council Bluffs mengatakan kepada SFGATE bahwa insiden itu terjadi pada pukul 11:59 waktu setempat pada hari Senin (8/8/2022).

Insiden ini terjadi di dekat gedung pusat data ketika terjadi arc flash (ledakan listrik), menyebabkan luka bakar yang signifikan pada ketiga insinyur listrik tersebut.

Satu orang dibawa dengan helikopter ke Nebraska Medical Center, sedangkan dua orang lainnya diangkut dengan ambulans ke rumah sakit di Iowa.

Ketiga orang itu dalam keadaan sadar dan bernapas ketika mereka diangkut untuk perawatan medis, menurut Departemen Kepolisian Council Bluffs.

“Kami mengetahui insiden listrik yang terjadi hari ini di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa, melukai tiga orang di lokasi yang sekarang sedang menjalani perawatan. Kesehatan dan keselamatan semua pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan mitra dan otoritas lokal untuk menyelidiki situasi secara menyeluruh dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan.” ujar Departemen Kepolisian tersebut

Adapun, Google memiliki 14 pusat data di Amerika Serikat, dan total 23 di seluruh dunia. Pusat data menjaga semua produk dan layanan Google tetap aktif dan berjalan sepanjang waktu. Situs lokasi Council Bluffs adalah salah satu situs terbesar Google dan pertama kali dibuka pada tahun 2009.

Sementara itu, warganet di  dari berbagai belahan dunia mengeluhkan di Twitter terkait mesin pencari Google yang tak bisa diakses. Media sosial seperti Twitter pun sudah penuh dengan hastag #Googledown dan #Googlerror.

"@Google benar-benar tidak bisa sekarang?!? Atau ini hanya masalah saya? #googledown" ujar @Presleymullinax.

"Bagaimana google down?! Ini dia, ini kiamat," ujar @deedeelacraze.

"Teman, Apakah @Google down di Australia?" ujar @@_storkey.

Berdasarkan pantauan Bisnis, mesin pencari Google sempat tidak bisa diakses pada pukul 08.24 WIB. Namun, pada pukul 8.40 WIB Google sudah kembali bisa diakses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google mesin pencari
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top