Kemenkominfo Disarankan Bikin Sayembara untuk Bikin Mesin Pencari Gatotkaca

Rahmi Yati
Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:18 WIB
Tangkapan layar situs Gatotkaca yang viral di media sosial, Minggu (7/8/2022). /Bisnis.com-Muhammad Khadafi
Tangkapan layar situs Gatotkaca yang viral di media sosial, Minggu (7/8/2022). /Bisnis.com-Muhammad Khadafi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) disarankan mengadakan sayembara bagi talenta digital Tanah Air untuk membuat layanan search engine atau mesin pencari Gatotkaca sungguhan.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menilai rencana Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate untuk menghadirkan search engine buatan dalam negeri patut didukung dan diapresiasi.

"Kalau saya [jadi] Menkominfo sih saya akan bikin sayembara siapa yang bisa membuat search engine, media sosial, pesan instan asli lokal, dan lainnya akan diangkat jadi penasehat digital Kominfo," ujar Heru, Minggu (7/8/2022).

Menurutnya, rencana ini membutuhkan langkah cepat dan menyerap peran anak bangsa secara maksimal. Talenta-talenta digital Tanah Air patut didukung meskipun untuk bersaing dengan layanan asing memang cukup sulit.

Apalagi, sambung Heru, semuanya harus bekerja extra ordinary menciptakan aplikasi lokal setara dengan aplikasi-aplikasi asing tersebut.

"[Layanan search engine] sudah dicoba menggunakan Gatotkaca, tetapi nampaknya belum berjalan," kata dia.

Meski begitu, dia menilai semuanya serba mungkin bila ada dorongan besar dari pemerintah. Sebagai bangsa yang besar, justru Indonesia jangan hanya puas dengan kehadiran Google, Facebook, WhatsApp, dan lainnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menkominfo Johnny G. Plate mengeklaim bahwa dirinya sempat berencana menghadirkan search engine atau mesin pencari buatan dalam negeri. Bahkan dia sudah memanggil tim terkait untuk membuat mesin pencari yang dinamai Gatotkaca tersebut.

Sayangnya, rencana itu terkendala dengan kemunculan pandemi Covid-19 yang menyebabkan semua perhatian teralihkan pada bagaimana menanggulangi dampak pandemi.

Di sisi lain, media sosial belakangan tengah diramaikan dengan adanya perilisan mesin pencari karya anak bangsa, Gatotkaca yang bisa diakses lewat https://gatotkaca.mooo.info.

Bila dilihat di media sosial Twitter, tampaknya search engine Gatotkaca ini hanyalah projek iseng yang dilakukan oleh akun Twitter @lantip dan dikenalkan pada Jumat (5/7/2022).

Akan tetapi, setelah dilakukan pencarian dengan mengetikkan sesuatu, laman Gatotkaca bukannya memberikan informasi yang dibutuhkan, malah menjawab "Ya ndak tahu, kok tanya saya".

"Alhamdulillah akhirnya bisa rilis. Rilis di hari Jumat adalah semangat pi in is. Silakan, mesin pencari karya anak bangsa, demi mendukung pak Plate. https://gatotkaca.mooo.info," demikian tulis salah satu akun di Twitter @lantip, dikutip Sabtu (6/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper