Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serangan Phising Meningkat pada Kuartal II/2022, Ini Targetnya!

Indonesia Anti-Phising Data Exchange (IDADX) membeberkan tren phising sepanjang kuartal II/2022 beserta targetnya.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  07:50 WIB
Serangan Phising Meningkat pada Kuartal II/2022, Ini Targetnya!
Ilustrasi aktivitas di depan komputer. - REUTERS/Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Anti-Phising Data Exchange (IDADX) yang dikelola Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) membeberkan tren serangan phising sepanjang kuartal II/2022 termasuk targetnya.

Berdasarkan temuan IDADX, ada sebanyak 5.579 laporan phising pada situs domain .id selama kuartal II Tahun 2022. Angka tersebut naik 1.637 laporan phising, jika dibandingkan dengan kuartal I/2022 sebanyak 3.942 laporan phising.

Phishing adalah sebuah kejahatan mendapatkan informasi pribadi seseorang hingga kredensial akun keuangan yang dilakukan dengan skema social engineering untuk memanipulasi korbannya.

Selain itu, cara lain phising yaitu menggunakan trik technical subterfuge yakni menanam malware ke komputer korbannya untuk mencuri informasi kredensial dari korban, biasanya menggunakan sistem yang mencegat nama pengguna dan kata sandi atau mengarahkan pengguna ke situs web palsu.

"Dalam lima tahun terakhir hingga 30 Juni 2022, jika ditotal ada 44.279 laporan mengenai phising domain .id," tutur Ketua Dewan Pengurus PANDI, Yudho Giri Sucahyo di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Menurut Yudho, organisasi atau brand yang saat ini menjadi target serangan phising sepanjang kuartal II/2022 adalah Facebook, Amazon, IRS, Microsoft, Netflix, International Card Services, Trust Wallet, ING Netherlands, MercadoLibre dan Rabobank.

"Kemudian, sektor bisnis yang paling sering jadi sasaran serangan phising pada kuartal II/2022 adalah lembaga keuangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

phising teknologi kejahatan siber
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top