Ini Daftar e-Commerce Tepercaya versi Telkomsel, Ada Tokopedia hingga Blibli

Rahmi Yati
Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:50 WIB
Ilustrasi belanja di toko online atau e-commerce/Freepik.com
Ilustrasi belanja di toko online atau e-commerce/Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id menemukan bahwa Tokopedia menjadi e-commerce paling dipercaya dan diandalkan oleh UMKM Indonesia pada 2022.

Berdasarkan hasil survei, Telkomsel menemukan bahwa platform pasar dagang online yang paling dipercaya oleh para UMKM untuk aktivitas penjualan online mereka, secara berturut-turut adalah Tokopedia (76 persen), Shopee (75 persen), Lazada (19 persen), Bukalapak (18 persen), dan Blibli (14 persen).

"Temuan ini jadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat jadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antarplatform," kata Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang, dikutip Kamis (4/8/2022).

Dia memerinci, hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id tersebut juga menemukan bahwa e-commerce yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM adalah Tokopedia (69 persen), Shopee (62 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (9 persen), dan Blibli (4 persen).

Adapun, untuk e-commerce dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68 persen), Shopee (61 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (11 persen), dan Blibli (6 persen).

Tak berhenti di situ, di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47 persen), Shopee (45 persen), Lazada (5 persen), Bukalapak (2 persen), dan Blibli (0 persen).

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, Alfian menyebut beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70 persen), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68 persen), layanan pusat resolusi yang baik (66 persen), fasilitas logistik yang memuaskan (70 persen), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70 persen), serta sistem pembayaran yang lengkap (73 persen).

"Riset oleh tSurvey.id berlangsung dari 10-24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel," tambah Alfian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper