Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar e-Commerce Tepercaya versi Telkomsel, Ada Tokopedia hingga Blibli

Telkomsel melalui tSurvey.id memaparkan ranking e-commerce tepercaya mulai dari Tokopedia hingga Blibli.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  11:50 WIB
Ini Daftar e-Commerce Tepercaya versi Telkomsel, Ada Tokopedia hingga Blibli
Ilustrasi belanja di toko online atau e-commerce - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id menemukan bahwa Tokopedia menjadi e-commerce paling dipercaya dan diandalkan oleh UMKM Indonesia pada 2022.

Berdasarkan hasil survei, Telkomsel menemukan bahwa platform pasar dagang online yang paling dipercaya oleh para UMKM untuk aktivitas penjualan online mereka, secara berturut-turut adalah Tokopedia (76 persen), Shopee (75 persen), Lazada (19 persen), Bukalapak (18 persen), dan Blibli (14 persen).

"Temuan ini jadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat jadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antarplatform," kata Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang, dikutip Kamis (4/8/2022).

Dia memerinci, hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id tersebut juga menemukan bahwa e-commerce yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM adalah Tokopedia (69 persen), Shopee (62 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (9 persen), dan Blibli (4 persen).

Adapun, untuk e-commerce dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68 persen), Shopee (61 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (11 persen), dan Blibli (6 persen).

Tak berhenti di situ, di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47 persen), Shopee (45 persen), Lazada (5 persen), Bukalapak (2 persen), dan Blibli (0 persen).

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, Alfian menyebut beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70 persen), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68 persen), layanan pusat resolusi yang baik (66 persen), fasilitas logistik yang memuaskan (70 persen), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70 persen), serta sistem pembayaran yang lengkap (73 persen).

"Riset oleh tSurvey.id berlangsung dari 10-24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel," tambah Alfian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-commerce tokopedia shopee blibli.com
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top