Roblox Sudah Daftar PSE, Bagaimana Nasib 7 Platform Gim Lainnya?

Khadijah Shahnaz
Selasa, 26 Juli 2022 | 09:25 WIB
Ilustrasi Gim Daring/Bloomberg-Shiho Fukada
Ilustrasi Gim Daring/Bloomberg-Shiho Fukada
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Roblox, yang merupakan platform gaming akhirnya mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Sebelumnya Kemenkominfo mengatakan ada 8 platform gim populer yang belum mendaftarkan diri sebagai PSE.

Sebagai informasi, berdasarkan laman pse.kominfo.go.id, Selasa (26/7/2022), Roblox telah tercantum di situs dengan nama perusahaan Roblox Corporation yang bergerak di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Adapun berdasarkan data Kemenkominfo hingga 25 Juli 2022 pukul 13.29 WIB, tercatat sebanyak 8.608 PSE lingkup privat yang telah mendaftar. Sebanyak 8.392 di antaranya merupakan PSE domestik dan 216 lainnya adalah asing.

Kemenkominfo juga memperpanjang tenggat waktu pendaftaran PSE sampai 27 Juli 2022. Kemenkominfo mengatakan setelah tenggat waktu akan memberikan sanksi.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya telah memperpanjang batas waktu pendaftaran selama lima hari kerja sejak 22 Juli 2022 hingga 27 Juli 2022 bagi 100 PSE lingkup privat skala besar.

Nantinya, pengelompokkan akan dilanjutkan terhadap 1.000 PSE lainnya dan seterusnya. Adapun, 100 PSE lingkup privat yang dimaksud di antaranya ada Roblox, Opera, Yahoo, Steam, Epic Games, Origin, Battlenet, Paypal, LinkedIn, Amazon.com, Alibaba.com, dan lainnya.

Bagi yang masuk kelompok 100 PSE lingkup privat ini, akan diberikan surat peringatan untuk segera mendaftar dengan deadline hingga Rabu (27/7/2022) pukul 23.59 WIB.

"Lima hari kerja mereka [tidak mendaftar], proses pemblokiran berjalan," tegas Semuel di Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Berikut daftar PSE gim yang belum mendaftar ke Kemenkominfo:

1. Steam

2. Epic Game

3. Battle.net

4. Origin

5. Counter Strike

6. Dota

7. Global Offensive.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper