Perum Perhutani dan Kementrian ATR/BPN Raih Penghargaan Teknologi Tingkat Global

Akbar Evandio
Kamis, 21 Juli 2022 | 16:11 WIB
Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang
Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perum Perhutani dan Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meraih penghargaan teknologi tingkat global.

Lembaga tersebut meraih Special Achievement in GIS (SAG) Award pada ajang konferensi tahunan Esri User Conference (Esri UC) ke-42 yang dilaksanakan di San Diego, Amerika Serikat.

Mengungguli lebih dari 300.000 kandidat di seluruh dunia, penghargaan ini merupakan pengakuan atas kontribusi kedua badan pemerintahan tersebut dalam membangun masa depan yang berkelanjutan bagi Indonesia dengan menggunakan teknologi geospasial.

Penyedia solusi geospasial Esri menilai, Perum Perhutani dan Direktorat Jenderal Tata Ruang telah menunjukkan inovasi gagasan dan transformasi digital di bidangnya masing-masing, yaitu pengelolaan hutan dan perencanaan tata ruang kota.

Perum Perhutani menerima penghargaan atas optimalisasi pemanfaatan data kehutanan untuk wilayah di pulau Jawa dan Madura melalui aplikasi berbasis teknologi geospasial Perhutani Digital Forest yang menggabungkan secara sistematik data lapangan dari seluruh wilayah ke dalam satu dashboard terpusat.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Tata Ruang menerima penghargaan untuk pencapaian pemanfaatan penerapan teknologi ArcGIS dari Esri untuk penataan ruang pembangunan kota berbasis data melalui RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) Real-time. Sebuah simulasi berbasis web 3D yang mendukung proses pengambilan keputusan tata kota untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Sebagai perusahaan milik negara yang mengelola salah satu kawasan hutan terbesar di dunia, Perum Perhutani mengandalkan pemanfaatan data untuk perencanaan pengelolaan hutan berkelanjutan.

Sebelum membangun solusi Perhutani Digital Forest, perusahaan menghadapi berbagai tantangan pada sistem pengumpulan dan pengolahan data, pekerja lapangan yang menghadapi hambatan saat bekerja secara remote, menjaga akurasi data yang pada akhirnya menyebabkan informasi kehutanan tidak lengkap, tidak konsisten, dan sering disalahgunakan.

Dengan menggunakan teknologi ArcGIS, Perum Perhutani mengembangkan sebuah solusi yang memberikan efisiensi pengumpulan data di lapangan serta dapat dikirimkan secara real-time ke dasbor terpusat untuk memastikan akurasi data yang dapat diakses oleh berbagai pemegang kepentingan.

Muhammad Denny Ermansyah, Direktur SDM, Umum dan IT, Perum Perhutani, mengatakan visi organisasi ini adalah mengelola semua sumber daya hutan dengan cara yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Teknologi GIS telah memungkinkan pengembangan teknologi informasi yang tangguh dan akan memberikan nilai bisnis jangka panjang. Dengan memastikan keakuratan data dalam sistem, kami percaya analisa yang didapatkan dapat mendukung tim kami untuk mengambil keputusan yang tepat dan cerdas,” kata Denny.

Dia pun percaya solusi Perhutani Digital Forest tidak hanya dapat membantu kami mengelola jutaan hektar hutan lindung secara berkelanjutan tetapi juga menjadi inovasi yang akan membantu memerangi dampak perubahan iklim.

Sementara itu, Direktur Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Abdul Kamarzuki mengatakan, lembaganya melakukan pengembangan penataan ruang berbasis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Real Time yang berisikan peraturan zonasi, peta, dan pengawasan pembangunan dalam skala 1:5.000 untuk setiap kotamadya di Indonesia.

Aplikasi ini memungkinkan pemanfaatan data real-time dari berbagai departemen, mengidentifikasi masalah perkotaan yang kritis seperti kapasitas infrastruktur, kontrol pembangunan, kemacetan lalu lintas, dan mitigasi bencana.

Didukung oleh teknologi ArcGIS, RDTR Real Time diharapkan dapat melayani lebih dari 600 pengguna dari jajaran pemerintah pusat, pemerintah kota, asosiasi perencanaan kota dan akademisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper