Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BitHealth Sebut Industri Kesehatan Perlu Jalankan Transformasi Digital

BitHealth menemukan, pandemi Covid-19 membuat pengelola rumah sakit (RS) perlu dukungan teknologi.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  00:26 WIB
BitHealth Sebut Industri Kesehatan Perlu Jalankan Transformasi Digital
Ilustrasi - Tenaga medis dengan alat dan pakaian pelindung bersiap memindahkan pasien positif Covid-19 dari ruang ICU menuju ruang operasi di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan kesehatan digital berfokus pada konsultasi teknologi BitHealth menemukan, bahwa pandemi Covid-19 membuat pengelola rumah sakit (RS) merasakan perlu dukungan teknologi.

Chief Operating Officer BitHealth Timur Bawono mengatakan teknologi digital dalam proses manajerial rumah sakit yang berdampak pada efisiensi kinerja operasionalnya secara keseluruhan.

"Saat kemajuan teknologi digital yang begitu cepat dan kompleks serta para pelaku industri rumah sakit yang umumnya tidak memiliki background IT, sepatutnya tidak menjadi masalah,” ujarnya lewat rilisnya, Selasa (19/7/2022).

Lebih lanjut, dia menjabarkan perusahaan pun saat ini sudah menjadi mitra teknologi kesehatan digital resmi dari Healthcare Information and Management Systems Society (HIMSS) di Indonesia.

Untuk diketahui, HIMSS adalah organisasi yang dikenal fokus pada optimasi transformasi digital di industri kesehatan di banyak negara.

Di Indonesia, RS yang sudah bermitra dengan BitHealth adalah salah satu jaringan rumah sakit dengan 30 cabang, dan sebuah rumah sakit lainnya di Tangerang.

Timur menjelaskan, perusahaannya fokus membantu pengelola RS menemukan teknologi dan vendor yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya serta membuatkan solusi dan mengimplementasikan sistemnya, sekaligus menjadi tujuan utama perusahaannya menjadi mitra teknologi resmi HIMSS.

“Rumah sakit tersebut memulai transformasi digital mereka dengan mengimplementasikan sistem informasi rumah sakit yang terstandarisasi dan terintegrasi dengan sistem janji temu pasien dan sistem keuangan,” ujarnya.

Pada tahap digitalisasi berikutnya, mereka mengimplementasikan EMR, teleconsultation system, human resource system, TeleHealth, Patient Portal, Automation Process, Tata Kelola Klinik para dokter, CPOE, dan penggunaan Data Analitik dan AI.

Dijelaskan, BitHealth membantu proses digitalisasi melalui pemilihan teknologi dan vendor serta membangun solusi-solusi yang mendukung roadmap digitalisasi mereka sesuai pilar solusi yang dimilikinya.

Beberapa solusi tersebut adalah Pillar Data dan AI dengan solusi Data Warehouse Development dan Maintenance, Data Analytics dan Visualization, serta AI (Artificial Intelligent).

Pilar yang kedua adalah Digital and Experience dengan solusi antara lain Nurse & Patient Portal, Master Data Management, Human Capital Management System, Document Management System dan Robotic Processing Automation, Digital Host-to-Host Claim Management System, serta Wellness & Community Apps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 teknologi industri kesehatan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top