Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendiri Bukalapak (BUKA) Suntik Startup Efisiensi Energi Powerbrain

Lewat teknologi energy audit dan energy asset monitoring, teknologi Powerbrain diklaim mampu menekan konsumsi dan biaya listrik mitra pelaku usaha hingga 20-30 persen dari sebelumnya.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  15:00 WIB
Pendiri Bukalapak (BUKA) Suntik Startup Efisiensi Energi Powerbrain
Mantan CEO Bukalapak sekaligus Founder Achmad Zaky Foundation - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri dan mantan bos PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) Achmad Zaky resmi menggelontorkan pendanaan tahap awal kepada perusahaan rintisan (startup) di bidang smart energy management, Powerbrain Automasi Energi.

Zaky menyuntik modal tahap Pre-Seed buat Powerbrain melalui organisasi non-profit besutannya, Achmad Zaky Foundation, dengan nominal pendanaan yang tidak disebutkan.

"Pendanaan lewat organisasi non-profit punya perbedaan dengan modal ventura, karena tujuan utamanya menyasar startup yang punya impact sosial, memajukan pendidikan, ada juga pembiayaan riset berdampak. Powerbrain termasuk dalam salah satunya, yaitu dari sisi membantu pengelolaan konsumsi energi," ujarnya, Selasa (28/6/2022).

Sebagai informasi, Powerbrain menjalankan usaha secara business to business (B2B) lewat model bisnis energy audit dan energy asset monitoring, dengan target menekan konsumsi dan biaya listrik mitra hingga 20-30 persen dari sebelumnya.

Teknologi Powerbrain yang dipasang pada beberapa titik alat elektronik dengan konsumsi tinggi, seperti pendingin ruangan atau kulkas, serta integrasi dengan aset energi hijau seperti panel surya, dan lain-lain, akan melakukan otomasi dan manajemen konsumsi energi berbasis kecerdasan buatan. 

Hingga saat ini, Powerbrain telah menjalin kemitraan dengan puluhan perusahaan ternama, antara lain Pertamina, Mitsubishi Motors, Bukalapak, Shopee, Net, Kimia Farma, DB Schenker, dan Suvarna Jakarta.

Achmad Zaky Foundation pun fokus terhadap perusahaan startup yang menghadirkan solusi untuk berbagai masalah, salah satunya mengenai pengurangan emisi karbon, melalui pemanfaatan teknologi.

Terlebih, tingginya konsumsi energi merupakan kontributor terhadap perubahan iklim paling dominan yang menyumbang hampir 90 persen dari emisi karbon secara global.

Maka, teknologi yang dihadirkan Powerbrain pun dapat menjadi solusi untuk mendukung efisiensi konsumsi energi di Indonesia. Hal ini juga seiring Sustainable Energy Transition tengah menjadi isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia 2022, yang fokus pada smart and clean energy technology.

"Pemerintah mendorong implementasi teknologi pintar dan bersih, baik dalam konteks efisiensi energi, pengurangan emisi, maupun pengembangan energi terbarukan. Dengan kesepakatan investasi ini kami berharap dapat mendukung kemajuan bisnis Powerbrain sehingga memberikan dampak yang lebih besar," tambah Zaky.

Founder dan CEO Powerbrain Irvan Farasatha optimistis pendanaan dari Achmad Zaky Foundation, termasuk dukungan keahlian dan pengalaman Achmad Zaky di industri startup, akan memperkuat inovasi sekaligus memperluas layanan di Indonesia.

"Pendanaan dari Achmad Zaky Foundation juga menandakan bahwa bisnis yang dijalankan Powerbrain memiliki potensi yang besar dan berkelanjutan," kata Irvan.

Irvan menjelaskan Powerbrain didirikan pada 2020 lalu dengan mengusung misi menghadirkan layanan efisiensi energi berbasis teknologi yang berdampak positif terhadap kelangsungan bisnis para mitra, masyarakat, dan lingkungan.

Dalam mewujudkan misi tersebut, Powerbrain menghadirkan empat produk unggulan, yakni manajemen energi, energi terbarukan, manajemen aset, dan solusi pengisian kendaraan listrik.

"Kami akan terus melakukan inovasi terkait solusi akan efisiensi energi agar memberikan dampak yang positif bagi mitra, masyarakat, dan lingkungan," ujar Irvan. 

Rilwanu Lukman Amrullah, Co-Founder dan Chief Marketing Officer Powerbrain menambahkan saat ini mitra yang menggunakan teknologi dari Powerbrain akan mendapatkan 3 manfaat utama, yakni menurunkan biaya operasional, meningkatkan nilai bangunan, dan meningkatkan kesejahteraan mitra.

"Secara keseluruhan, Powerbrain membuat pemakaian listrik di tempat usaha mitra menjadi lebih efisien, bahkan mampu mengurangi tagihan listrik hingga 20 persen sampai 30 persen," jelasnya.

Menurut Rilwanu, pendanaan dari Achmad Zaky Foundation akan menciptakan ruang gerak bagi Powerbrain untuk menghadirkan beragam inovasi sehingga efisiensi konsumsi energi bisa semakin ditingkatkan, yang pada akhirnya mampu memperkuat aspek ketahanan finansial para mitra.

"Dengan masuknya pendanaan dari Achmad Zaky Foundation, kami optimistis akan meningkatkan inovasi teknologi kami dalam menghadirkan efisiensi energi yang akan bermanfaat bagi para mitra. Ini akan menjadi daya tarik sektor usaha untuk menggunakan jasa efisiensi energi dari Powerbrain," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp ahmad zaky Bukalapak
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top