Migrasi Siaran TV Digital, MNC dan Media Group Minta Keringanan

Khadijah Shahnaz
Kamis, 23 Juni 2022 | 18:17 WIB
Ilustrasi Gedung MNC Group/mncfinance.com
Ilustrasi Gedung MNC Group/mncfinance.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - MNC Group dan Media Group meminta keringanan terkait dengan pembangunan infrastruktur untuk mendukung program penghentian siaran televisi analog atau analog switch off (ASO).

Direktur Corporate Secretary MNC Group Syahril Nasution menjelaskan pandemi Covid-19 hingga saat ini belum selesai dinilai berdampak pada pendapatan perusahaan. Adapun, MNC perusahaan pengelola multiplexing (Mux) dalam mendistribusikan Set Top Box (STB).

"Pada saat bersamaan juga kami juga harus membangun 21 atau 49 layanan infrastruktur untuk ASO, sangat sulit untuk kami membangun infrastruktur di kondisi perekonomian saat ini," ujar Syahril dalam RDPU Panja Digitalisasi Penyiaran dengan Komisi I DPR, Kamis (23/6/2022).

Dia berharap ASO tidak memakai metode tender melainkan metode existing, yang sudah ada mendapatkan MUX untuk hak siarannya sehingga investasi tidak terbuang dan TV-TV lokal dapat digandeng.

MNC Group juga mengusulkan kepada DPR Komisi I untuk memperpanjang siaran analog dan digital secara bersamaan yang saat ini sudah diperlakukan bersamaan hingga pemerintah sudah menetapkan atau mendapatkan jumlah penonton rumah tangga miskin yang sudah memiliki STB.

Syahril menilai dengan hanya melakukan siaran digital dengan kondisi banyak rumah tangga miskin yang saat ini belum memiliki STB, maka jumlah pemirsa televisi akan menurun.

"Saat ini pemerintah menetapkan jumlah STB 6,7 juta unit, namun rumah tangga miskin saja sudah melebih angka tersebut," jelas Syahril.

Senada dengan MNC Group, Media Group yang membawahi Metro Tv juga mengatakan pandemi Covid-19 sangat berdampak pada turunnya pendapatan secara signifikan sehingga kondisi keuangan Media Group mengalami kerugian besar.

"Biaya untuk STB itu juga besar, untuk distribusi dan instalasi sangat besar," ujar CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib.

Mirdal menilai saat ini kondisi ekonomi kedepan masih stagnan dan belum pasti, sehingga Media Group mengusulkan untuk agar pengadaan, distribusi dan instalasi STB yang belum terealisasi mendapatkan insentif atau bantuan dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper