Startup Aquatech Delos, Fokus Ke Software Tambak Udang

Khadijah Shahnaz
Rabu, 22 Juni 2022 | 12:08 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Delos, startup aquatech yang berfokus pada tambak udang, saat ini sedang mengembangkan AquaHero, sebuah sofware manajemen tambak yang dapat mendukung para petambak udang untuk meningkatkan daya guna dan hasil panen tambak.

Software tersebut akan menggunakan sistem yang menggabungkan teknologi baru dan penelitian ilmiah produksi udang dalam memodernisasikan perkiraan dan rekomendasi tindakan di tambak udang.

Startup yang baru saja berdiri pada November 2021 tersebut, mendapatkan pendanaan tahap awal atau seed extension round senilai US$8 juta atau Rp114 miliar yang dipimpin oleh Centauri Fund, sebuah perusahan vc yang bekerjasama dengan MDI Ventures dan KB Investment Cp.LRD dan Alpha JWC Ventures.

Pendanaan ini juga diikuti beberapa investor lain seperti Number Capital, Founder Kopi Kenangan James Prananto dan Indonegen Capitol.

CEO dan Co- Founder Delos Guntur Mallarangeng mengatakan pendanaan tahap awal tersebut digunakan dalam mengembangkan AquaHero serta dua produk terbarunya yaitu sistem integrasi supply chain Aqualink dan layanan keuangan untuk para petambak udang AquaBank.

Guntur mengatakan seharusnya Indonesia bisa menjadi penghasil udang terbesar di dunia dengan garis pantai yang ada, maka dari itulah Delos hadir untuk membekali para petambak udang dengan teknologi, kemampuan manajemen yang mumpuni untuk menghasilkan panen yang berkelanjutan dan menguntungkan.

"Saat ini negara penghasil udang terbesar di dunia itu Ekuador dan India. Digabungkan saja dua negara tersebut garis pantainya jauh lebih kecil daripada Indonesia," ujar Guntur, Selasa (21/6/2022).

Delos pun berharap dengan bantuannya produktivitas tambak udang dapat meningkat dengan hasil di atas rata-rata hingga mendekati 40 ton per hektare.

Guntur juga mengklaim dalam waktu empat bulan sejak mulai beroperasi pada November 2021, Gross Merchandise Value (GMV) serta luas tambak kelolaan Delos telah berkembang lebih dari 600 persen.

Selain itu, Delos juga mengeklaim telah berhasil meningkatkan hasil panen mitranya sekitar 114 persen per ton/hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper