Ternyata, Gmail Punya 4 Fitur Rahasia, Apa Saja?

Rahmi Yati
Kamis, 16 Juni 2022 | 12:28 WIB
Ilustrasi Gmail
Ilustrasi Gmail
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gmail yang merupakan kepanjangan dari Google Mail merupakan layanan surat elektronik milik raksasa teknologi Google yang dirilis sejak 1 April 2004. Ternyata, layanan ini memiliki sejumlah fitur rahasia yang dapat memudahkan pengguna dalam berkirim surat.

Dikutip dari laman Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @Kemenkominfo, Kamis (16/6/2022), ada empat fitur rahasia yang bisa digunakan.

Pertama, Schedule Sent. Fitur ini dapat digunakan bagi yang mudah lupa atau takut lupa mengirim email. Lewat fitur ini, pengguna bisa menjadwalkan pengiriman email dengan waktu yang spesifik.

Kedua, Undo Send. Fitur yang ada di pengaturan ini bisa digunakan untuk membatalkan email yang terlanjur dikirim. Batas waktunya mulai dari 5 detik hingga 30 detik. 

Ketiga, Snooze Email. Ternyata email juga bisa diatur dengan fitur snooze untuk dibaca nanti. Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang sering menerima banyak email hingga menumpuk.

Keempat, Gmail Offline Mode. Ada yang sudah tahu belum? Ternyata email tetap bisa diakses tanpa internet. Caranya cukup buat bookmark untuk kotak masuk yang ingin dibaca nanti, lalu aktifkan offline mode pada Gmail.

Sebagai tambahan, Gmail juga menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan dibandingkan platform email yang lain. Selain itu, layanan ini senantiasa berinovasi dengan fitur-fitur baru yang terus ditambahkan.

Untuk saat ini, Gmail memberikan layanan gratis dengan penyimpanan sebesar 15 GB yang diakumulasi dari Gmail, Gdrive dan Google Foto. Jika ingin memperbesar ruang, Google memberikan alternatif berlangganan.

Adapun dengan menggunakan Gmail, pengguna bisa berkirim pesan kepada siapa pun, termasuk melampirkan gambar, ataupun dokumen yang lain. Surat elekronik yang dikirim melalui Gmail akan disimpan dengan aman di penyimpanan cloud sehingga pengguna bisa menerima pesan dari komputer ataupun ponsel dari mana pun.

Melalui Gmail, pengguna juga dapat bergabung atau memulai rapat video di Google Meet langsung dari Gmail. Pengguna juga bisa menambahkan Google Chat ke kotak masuk Gmail dan mendapatkan semua fitur Chat langsung di Gmail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper