Ini Alasan Shopee Indonesia Tak Terdampak PHK Startup

Khadijah Shahnaz
Kamis, 16 Juni 2022 | 09:42 WIB
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Shopee akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) beberapa karyawannya dalam layanan pengiriman makanan ShopeeFood dan pembayaran online tim ShopeePay di Asia Tenggara. Namun Shopee Indonesia dipastikan tidak terdampak PHK tersebut.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan alasan Indonesia tidak terdampak PHK ini karena Indonesia terus menunjukkan performa yang baik dan Indonesia tetap menjadi pasar prioritas. 

Shopee ingin terus mengembangkan bisnis di Tanah Air untuk membantu lebih banyak UMKM dan pengguna di Indonesia merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital.

Di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, di ShopeeFood dan lebih dari 50 persen bergabung sejak dimulainya pandemi Covid-19.

"Kami juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami," ujar Handhika, Kamis (16/6/2022).

Dilansir dari CNA, belum lama ini Presiden Grup Shopee Chris Feng menyampaikan memo terkait PHK di kawasan Asia Tenggara dan Meksiko, Argentina dan Chili, serta penarikan bisnis dari  pasar Spanyol.

"Mengingat meningkatnya ketidakpastian dalam ekonomi yang lebih luas, kami percaya bahwa adalah bijaksana untuk membuat penyesuaian yang sulit tetapi penting untuk meningkatkan efisiensi operasional kami dan memfokuskan sumber daya kami," tulisnya.

Feng mengatakan kebijakan PHK ini bertujuan ntuk memastikan bahwa, sebagai sebuah bisnis, kami tetap berada di posisi terbaik untuk terus berkembang secara berkelanjutan di segmen dan pasar tertentu. Dia juga mengatakan Shopee akan menutup uji coba tahap awal di Spanyol, setelah mengumumkan rencana untuk meluncurkan penjualan online di negara itu Oktober lalu.

Sebelumnya, platform e-commerce milik Sea Limited yang berbasis di Singapura menarik diri dari pasar ritel India pada Maret 2022, beberapa bulan setelah mulai beroperasi di sana. Sebelumnya, Shopee juga  memutuskan keluar dari pasar Prancis. 

Dalam memo tersebut, Feng mengatakan bisnis akan terus beroperasi seperti biasa di Shopee Meksiko, Argentina, Chili, serta ShopeeFood dan ShopeePay di Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper