Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

YouTube Paling Banyak Diakses di Indonesia, Ini Penjelasan Populix

laporan dari Populix menemukan YouTube menjadi media sosial paling banyak diakses oleh masyarkat Indonesia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 12 Juni 2022  |  11:59 WIB
YouTube Paling Banyak Diakses di Indonesia, Ini Penjelasan Populix
Logo youtube - Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Platform media sosial YouTube dipilih menjadi media sosial paling banyak diakses oleh masyarkat Indonesia. Hal ini berdasarkan laporan dari Populix, startup consumer insights.

Dilansir dari linkedlin Populix, Minggu (12/6/2022), Populix mengatakan saat ini media sosial merupakan sumber informasi yang berguna dan telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Tidak peduli apakah itu kehidupan pribadi atau pekerjaan profesional, platform media sosial membantu masyarakat mengikuti aktivitas teman, berita, dan urusan terkini.

Berdasarkan laporan dari Populix yang bernama Sosial Media Habit dan Internet Safety, hampir sembilan dari 10 pengguna internet Indonesia (87 persen) aktif mengakses media sosial. Dari beberapa media sosial di Indonesia, mayoritas responden memilih YouTube untuk diakses (94 persen) setelah itu diikuti oleh Instagram (93 persen).

Setelah itu diikuti oleh media sosial asal China Tiktok (63 persen), dan diikuti oleh media sosial milik Mark Zuckerberg, Facebook (59 persen), dan Twitter (54 persen) yang saat ini sedang proses akuisisi oleh orang terkaya dunia Elon Musk.

Dalam laporan tersebut dikatakan responden menghabiskan lebih dari dua jam menelusuri media sosial setiap hari dan hampir seluruh responden (79 persen) menggunakan media sosial untuk menikmati waktu luang dan mencari informasi atau berita terbaru.

Selain itu, media sosial juga digunakan untuk berinteraksi dengan teman (66 persen), networking (49 persen), dan berbelanja (47 persen).

Populix juga mengatakan dalam laporan tersebut ada lima jenis konten yang paling banyak dicari oleh responden meliputi konten hiburan (22 persen), musik (14 persen), film (12 persen), berita (12 persen), dan kuliner (10 persen).

Dalam laporan yang dihimpun dari 1.023 koresponden tersebut, Populix mengatakan banyak responden yang mengalami ketidaknyamanan saat menggunakan media sosial ketika menerima pesan spam (52 persen) , penipuan (31 persen) dan kesalahan pemeliharaan (30 persen). Adapun, sebagian besar pengguna media sosial yang lebih mengetahui terkait fitur privasi dan keamanan kebanyakan koresponden pria.

Hampir sembilan dari 10 pengguna media sosial memanfaatkan fitur keamanan agar tetap aman saat online, terutama pengaturan privasi (84 persen) dan lokasi (52 persen) .

Selain itu, setengah dari pengguna juga mengubah status sosial mereka password media secara teratur untuk menjaga keamanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet media sosial youtube keamanan data
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top