Tingkatkan Efektivitas, Pelaku UMKM Indonesia Harus Masuk Ekosistem IoT

Sholahuddin Al Ayyubi
Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:14 WIB
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA-Pemerintah meminta para pelaku UMKM untuk mengadopsi dan masuk ke dalam ekosistem Internet of Things (IoT) di Indonesia.
Pasalnya, peran para pelaku UMKM dinilai sangat penting untuk  menjadi tulang punggung perekonomian. Selain itu, para pelaku UMKM perlu dipersiapkan untuk memasuki era digital, seperti mengadopsi dan masuk ke dalam ekosistem IoT agar tidak tertinggal di masa depan nanti.
"IoT merupakan salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha UMKM yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya,” tutur Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika pada Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Mulyadi dalam keterangan resminya, Sabtu (11/6).
 
Sementara itu, Pakar IoT dari Universitas Gadjah Mada I Wayan Mustika berpandangan penerapan IoT bagi para pelaku UMKM sudah jadi kebutuhan.
 
Wayan menyarankan bagi para pelaku UMKM yang bakal menerapkan IoT, harus mengenali masalah dan kebutuhannya terlebih dulu. Pasalnya, Wayan mengungkapkan bahwa setiap UMKM memiliki karakteristik dan masalahnya masing-masing.
 
"Apalagi dari sisi biaya saat ini tidak akan menjadi masalah karena banyak solusi IoT untuk UMKM di berbagai sektor yang dibuat oleh pelaku usaha IoT di level UMKM," katanya.
 
Secara terpisah, General Manager Business Development & SCM PT E-T-A Indonesia, Agung Kurniawan menjelaskan pemenang kompetisi IoT Creation 2021 mengatakan peluang bisnis bagi UMKM sebagai penyedia solusi IoT sangat besar terutama untuk perangkat, di mana saat ini sebagian besar masih impor.
“Paling penting di konsep bisnis yang dapat diterima oleh pasar. Saat ini UMKM tidak perlu berivestasi di teknologi dalam jumlah besar karena mereka bisa menggunakan model bisnis sewa, membayar sesuai dengan manfaat teknologi yang dinikmati,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia Teguh Prasetya menambahkan bahwa UMKM ke arah digital yang memanfaatkan teknologi industri 4.0, harus menerapkan Internet of Things.
 
"Solusi IoT bagi UMKM memiliki dua peluang yaitu pertama, peluang menjadi UMKM penyedia solusi IoT. Kedua, peluang bagi UMKM untuk mengadopsi solusi IoT sehingga bisnisnya bisa berkembang lebih cepat dengan efisiensi yang diperoleh setelah implemetasi solusi IoT," tuturnya.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper