Sederet Fitur Baru iOS 16: Edit Pesan Terkirim hingga Buka Album Foto Pakai Face ID

Restu Wahyuning Asih
Selasa, 7 Juni 2022 | 17:48 WIB
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Apple resmi mengumumkan kehadiran iOS 16 dalam acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 pada Selasa (7/6/2022).

Dalam situs resminya, iOS 16 tak bisa digunakan pada semua jenis iPhone. Sistem operasi baru ini hanya bisa digunakan di iPhone 8 atau lebih baru.

Adapun, Iphone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone SE generasi pertama harus puas dengan pemakaian iOS 15.

Nantinya, iOS 16 akan menyertakan layar kunci baru yang memungkinkan pengguna mempersonalisasi elemen seperti foto dan font yang digunakan di lock screen.

Fitur lain yang disertakan dalam iOS 16 yakni pengguna dapat menghapus dan mengedit pesan pada iMessage.

iOS 16 juga memperkenalkan iCloud untuk menyimpan foto yang dapat membagi koleksi dengan keluarga. Ada juga pembaruan pesan dan email yang bisa membantu pengguna tetap terhubung dengan mudah, dan peningkatan yang kuat untuk Teks Langsung dan Pencarian Visual.

Selain itu, Apple meningkatkan fitur Dictation yang memungkinkan pengguna berpindah dengan lancar antara suara dan sentuhan. 

Saat menggunakan fitur ini, keyboard tetap terbuka sehingga pengguna bisa sewaktu-waktu bisa mengetik dengan mudah.

Apple turut memberikan Live Text pada video. Pengguna dapat menjeda video pada frame kemudian menyorot teks. Selanjutnya teks yang disorot bisa disalin atau dikonversi mata uang, menerjemahkan teks, dan banyak lagi.

Dari segi keamanan, Apple juga disebut memberikan kenyamanan personal bagi para pengguna yang ingin melindungi album foto mereka.

Nantinya, album foto akan dikunci secara default dan hanya pengguna yang dapat membukanya menggunakan Face ID, Touch ID, atau kode sandi.

Yang paling asik, Apple memperkenalkan fitur Paylater untuk penggunaan berbagai kebutuhan pengguna. Dengan Apple Pay Later pengguna bisa membeli dulu membayarnya belakangan setelah empat hingga enam minggu setelah transaksi. Apple pun tidak mengenakan biaya bagi mereka yang menggunakan layanan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper