Ini Dia Bocoran Fitur iOS 16, Kapan Rilis?

Syaiful Millah
Kamis, 2 Juni 2022 | 20:56 WIB
Bocoran kamera depan iPhone 14/Mac Rumors
Bocoran kamera depan iPhone 14/Mac Rumors
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Apple bakal menggelar salah satu acara tahunan bertajuk Worldwide Developers Conference atau WWDC pada 6-10 Juni 2022 mendatang.

Diprediksi, tahun ini WWDC 2022 akan memperkenalkan sistem operasi seluler terbaru Apple, yakni iOS 16. Sistem operasi tersebut akan menjadi penerus dari peranti lunak iOS 15 yang diperkenalkan tahun lalu, berjajar dengan iPhone 13.

Sayangnya, masih belum banyak informasi yang telah dikonfirmasi oleh Apple mengenai sistem anyarnya itu. Akan tetapi, beberapa rumor dari analis kenamaan telah menyebar.

Tanggal rilis

Apple biasanya mengumumkan sistem operasi terbaru dari iOS pada ajang konferensi pengembang tahunannya, bersamaan dengan rilis publik beta untuk sejumlah pengguna dan pengembang. Mereka nantinya yang akan diminta respons dan umpan balik untuk perbaikan sebelum rilis utuh.

Perlu dicatat bahwa waktu pengumuman dan perilisan adalah dua hal yang berbeda. Jika tadi bicara soal pengumuman atau perkenalan, maka jadwal peluncuran sistem operasinya diprediksi terjadi sekitar September mendatang.

Ini didasarkan pada formasi tahun lalu di mana iOS 15 pertama kali tersedia untuk publik sekitar seminggu setelah acara peluncuran iPhone 13 pada September. Jadi, kemungkinan besar iOS 16 juga akan meluncurkan pada rentang waktu serupa setelah perilisan iPhone 14 di bulan yang sama.

Fitur

Perlu digarisbawahi di awal, sejauh ini belum ada informasi resmi dari Apple soal fitur yang akan datang di iOS 16 terbaru. Hanya saja beberapa bocoran sudah mulai beredar, misalnya dari LeaksApple Pro yang menyatakan bahwa sistem itu akan membawa tampilan dengan widget besar.

Bocoran yang diunggah memperlihatkan ikon aplikasi yang ditampilkan dalam kotak lebih besar dari biasanya, menyisakan ruang untuk informasi lebih lanjut seperti cuaca, pengingat khusus, dan lagu yang sedang diputar.

Fitur lain yang kemungkinan akan hadir di sistem baru Apple itu antara lain tampilan FaceTime yang lebih mirip Zoom dan serta elemen terkait metaverse.

Kompatibilitas

Ketika merilis iOS terbaru, perusahaan biasanya memungkinkan sistem tersebut untuk beroperasi pada ponsel dengan usia yang lebih tua. Misalnya saja iOS 15 yang masih kompatibel dengan generasi iPhone 6 yang dirilis pada 2015.

Terkait dengan hal ini, sebuah laporan dari iPhoneSoft menyatakan bahwa iOS 16 diyakini bakal berfungsi pada iPhone yang memiliki prosesor A10 atau lebih tinggi. Variannya berarti mulai dari iPhone 7 yang rilis pada 2016.

Laporan itu juga menyebut bahwa iOS 6 bisa jadi tidak akan bisa dipakai oleh pengguna produk Apple lainnya dengan batasan iPad Mini 4, iPad 5, iPad Air 2, iPad Pro 9,7 inci dan iPad Pro 12,9 inci ke bawah.

-----

Berita ini telah tayang di Hypeabis.id dengan judul "Catat! Ini Jadwal Pengumuman hingga Bocoran Fitur iOS 16 dari Apple"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Sumber : JIBI/Hypeabis.id
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper