Ini Cara Mudah Mengecek TV Analog atau Digital

Rahmi Yati
Senin, 23 Mei 2022 | 12:58 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah melakukan proses migrasi siaran TV analog ke digital atau analog switch off (ASO). Tahap pertama, telah dimulai sejak 30 April 2022 di tiga wilayah siaran meliputi 8 kabupaten/kota.

Meski prosesnya dilakukan bertahap, ada baiknya Anda mulai mengecek apakah TV di rumah masih analog atau sudah digital. Sebab, nantinya bila ASO diimplementasikan, TV analog tidak bisa menangkap siaran digital tanpa bantuan perangkat set top box (STB).

Apalagi, TV analog saat ini tidak melulu berbentuk tabung atau masih hitam putih. Ada juga yang sudah berbentuk LED, tetapi masih masuk kategori TV analog.

Cara mengecek TV analog atau digital juga sangat mudah. Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Senin (23/5/2022), masyarakat cukup masuk ke situs https://siarandigital.kominfo.go.id, lalu pilih 'Perangkat TV Digital'.

Setelah itu, Anda bisa ubah kategorinya di nama perangkat jadi 'Televisi'. Selanjutnya, masukkan merek dan model/tipe televisi yang ingin diketahui apakah sudah digital atau masih analog.

Apabila dalam pencarian tersebut tidak berhasil ditemukan, maka perangkat televisi tersebut masih analog. Mudah bukan?

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, proses suntik mati TV analog ini dilakukan dalam tiga tahap, yakni ASO Tahap 1 pada 30 April 2022, mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota.

Selanjutnya, ASO Tahap 2 yang mencakup 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota dengan paling lambat dilakukan 25 Agustus 2022. Lalu terakhir, ASO Tahap 3 pada 2 November 2022 dengan cakupan 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper