Baca! Ini 12 Alasan Bisnis Startup Gagal di Indonesia

Khadijah Shahnaz
Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:59 WIB
Ilustrasi startup/
Ilustrasi startup/
Bagikan

9. Produk Yang Buruk

Salah satu kegagalan startup bisa dikarenakan produk yang dihasilkan buruk. Berdasarkan laporan CBInsights startup dengan produk yang buruk mengalami kegagalan. 

Seperti Startup keuangan milik ScaleFactor, ScaleFactor  menggunakan taktik penjualan yang agresif dan memprioritaskan mengejar modal daripada membangun perangkat lunak yang pada akhirnya jauh dari yang dijanjikan. Hal ini diungkapkan oleh 15 mantan karyawan dan eksekutif.

10. Ketidakharmonisan tim dan investor

Kegagalan startup bisa terjadi karena adanya perselisihan antara pendiri dan investor. Di mana jika hal ini terjadi startup mengalami permasalahan yang berat seperti yang dialami oleh startup Hubba, salah satu startup terbesar di Kanada ini mengalami permasalahan ini, di mana mengakibatkan chief technology officer, chief marketing officer dan beberapa karyawan mengalami PHK. 

11. Pivot yang Gagal

Kegagalan startup bisa juga terjadi dikarenakan gagal dalam menjalankan strategi pivot untuk mendapatkan pesanan atau pasar yang diinginkan.

12. Burned Out atau Lelah

Work-life balance bukanlah hal yang sering didapatkan oleh para pendiri startup, sehingga risiko burned out sangat tinggi. Dikatakan oleh CBInsights, Burned our telah menjadi alasan startup mengalami kegagalan sebanyak 5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper