Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Startup McEasy Tawarkan Software Pengiriman Barang Efisien

Startup McEasy menawarkan software pengiriman barang yang efisien termasuk bus penumpang, jasa pengiriman barang hingga komoditi tertentu.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 21 Mei 2022  |  10:46 WIB
Talkshow McEasy -  McEasy
Talkshow McEasy - McEasy

Bisnis.com, JAKARTA - McEasy, startup teknologi logistik, mengatakan tantangan yang ada di sektor logisitik dapat diselesaikan dengan teknologi digital. 

Hal ini diungkapkan oleh Co-founder McEasy Hendrik Ekowaluyo. Hendrik menjelaskan tantangan yang dihadapi sektor perpindahan barang dan penumpang dapat dipecahkan dengan intervensi teknologi. 

Salah satunya adalah dengan implementasi Transportation Management System – sebuah software cerdas terintegrasi untuk menganalisa proses pengiriman barang yang efisien dan terpadu. 

"Software ini berguna bagi penyedia jasa logistik dan transportasi, termasuk bus penumpang, jasa pengiriman barang hingga komoditi tertentu, seperti farmasi, daging, makanan laut, produk susu dan frozen food," ujar Hendrik pada konferensi pers baru-baru ini.

McEasy menilai para pemain di sektor logistik dan transportasi membutuhkan solusi digital yang mampu memecahkan tantangan hingga ke tingkat paling dasar. 

Contohnya, kerumitan dalam rekonsiliasi surat jalan elektronik, pengaturan uang saku sopir, efisiensi muatan berdasarkan kubikasi dan tonase, penghematan bahan bakar armada, serta memastikan armada logistik beroperasi sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

McEasy mengeluarkan gerakan  "Gerakan 1 Juta Kendaraan”. Gerakan ini ingin mewujudkan ekosistem transportasi dan logistik yang terkoneksi, memiliki visibilitas, terotomasi dan memiliki integrasi yang bersifat dari hulu ke hilir. 

Hal tersebut menjadi salah satu target McEasy. Selain itu mereka juga mempunyai target dalam mendigitalisasi dan mengintegrasikan setidaknya satu juta unit kendaraan roda empat ke dalam ekosistem logistik dan transportasi hingga 2025.

"Kami percaya dengan besarnya potensi dari sektor logistik dan transportasi yang didukung dengan program Gerakan 1 Juta Kendaraan, kita akan segera melihat berbagai perkembangan di sektor ini dalam mendukung dan menjadi tulang punggung perekonomian kita,” ujar Hendrik.

Sebagai informasi, McEasy merupakan perusahaan yang menyediakan solusi digital berbasis teknologi Internet-of-Things untuk menjawab kebutuhan operasional logistik dan pelacakan lokasi kendaraan. 

Berdiri sejak 2017, McEasy bertransformasi menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi terintegrasi di bidang transportasi logistik dan pergudangan. 

Sebagai perusahaan perangkat lunak, mereka senantiasa melakukan riset dan pengembangan produk secara berkala sehingga dapat diandalkan oleh para pelanggan. McEasy mendapatkan putaran pendanaan awal senilai Rp22 miliar  atau USD 1,5 juta dari East Ventures.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top