Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kolaborasi Elon Musk dan Jokowi Bakal Didukung Jaringan Internet Terbaik

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bakal menyediakan jaringan internet terbaik dalam kolaborasi Elon Musk dan Jokowi.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  13:01 WIB
Presiden RI Jokowi bertemu Elon Musk di pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/05/2022) - BPMI Setpres
Presiden RI Jokowi bertemu Elon Musk di pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/05/2022) - BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) siap mendukung rencana kerja sama yang tengah dijajaki Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Elon Musk di bidang teknologi dengan menyediakan jaringan internet terbaik.

Ketua Umum APJII Muhamad Arif mengatakan banyak sekali potensi kerja sama yang bisa dijalin pemerintah Indonesia dengan bos Tesla dan SpaceX tersebut.

Untuk Tesla, dia menilai mobil tersebut bukan hanya sekadar kendaraan listrik, melainkan juga mobil dengan teknologi Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan automasi. Dengan begitu, diperlukan teknologi internet mutakhir agar bisa beroperasi dengan optimal.

"APJII siap bahu-membahu dengan pemerintah menyediakan kualitas jaringan internet terbaik, agar teknologi Tesla dapat dioptimalkan," kata Arif, Selasa (17/5/2022).

Selain itu, lanjutnya, begitu pula dengan Space-X, yang kemungkinan besar Elon akan menaruh salah satu stasiun peluncurannnya di sini. APJII siap membantu menyiapkan infrastrukturnya.

Menurutnya, ada dua hal yang bisa diberikan Elon Musk untuk mendukung percepatan konektivitas di Tanah Air, yakni teknologi dan modal.

Tesla dan Space-X, sambung Arif, memiliki teknologi tercanggih di muka bumi. Jika mereka menjalin kerja sama dengan Indonesia, akan terjadi transfer nilai dan pengetahuan teknologi.

"Hal itu akan membantu konektivitas kita lebih efektif dan efisien. Yang kedua, tentu saja dengan modal. Semakin besar modal dari Elon yang masuk, akan semakin besar pula infrastruktur teknologi yang akan kita bangun," imbuhnya.

Sebelumnya, Arif juga menyebut pemerintah Indonesia dapat menjalin kerja sama di bidang penelitian dan pengembangan untuk produk-produk semikonduktor dengan Elon Musk.

Potensi kerja sama yang bisa dilakukan adalah di bidang penelitian dan pengembangan untuk produk-produk semikonduktor yang jadi bahan utama dalam industri manufaktur perangkat network dan handphone, tablet, serta komputer.

"Dengan begitu, akan terjalin suatu kerja sama yang strategis dalam membangun kemandirian industri perangkat Teknologi informasi dan komunikasi [TIK] nasional," ucap Arif.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi akhirnya bertemu dengan Founder SpaceX dan Tesla Elon Musk. Pertemuan tersebut berlangsung di pabrik SpaceX yang berlokasi di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berdiskusi dan meninjau pabrik produksi roket SpaceX bersama Elon Musk. Jokowi dan rombongan delegasi Indonesia tiba di Gedung Stargate SpaceX sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

Jokowi mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara langsung dengan Elon Musk mengenai investasi, teknologi, dan inovasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi internet apjii elon musk
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top