Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Butuh 32 Infrastruktur Mux untuk ASO Tahap II dan III

Program Analog Switch Off (ASO) tahap II akan dilakukan pembangunan di 31 wilayah layanan (110 kabupaten/kota) dan untuk ASO tahap III di 25 wilayah layanan (65 kabupaten/kota)
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 08 Mei 2022  |  21:33 WIB
Televisi digital.  - Istimewa
Televisi digital. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) masih membutuhkan 32 infrastruktur multiplex (mux) untuk program Analog Switch Off (ASO) tahap II dan III yang pembangunannya akan dilakukan oleh pemerintah dan TVRI.

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi mengatakan jumlah infrastruktur dibangun mengikuti kebutuhan jumlah slot mux untuk menampung migrasi siaran analog ke digital di setiap daerah.

Adapun untuk ASO tahap II akan dilakukan pembangunan di 31 wilayah layanan (110 kabupaten/kota) dan untuk ASO tahap III di 25 wilayah layanan (65 kabupaten/kota), sehingga kata Dedy, jumlah infrastruktur yang disiapkan akan menyesuaikan kebutuhan wilayah tersebut.

"Pembangunan infrastruktur mux memerlukan anggaran yang memadai serta melalui proses pengadaan sesuai dengan ketentuan pembiayaan oleh negara yang berlaku," ujarnya, Minggu (8/5/2022).

Dedy menyebut, saat ini, proses pengadaan infrastruktur mux dengan sumber anggaran dari Kemenkominfo sudah dimulai. Kementerian terus mendorong proses pembangunan infrastruktur mux agar siap di seluruh wilayah siaran di Indonesia sebelum berakhirnya tahapan ASO yakni pada 2 November 2022.

Sejauh ini, sambung dia, program ASO tahap I baru dilakukan di tiga wilayah siaran yang mencakup delapan kabupaten/kota. Lokasi-lokasi ini jadi awal dari pengakhiran siaran televisi analog Indonesia.

"Penghentian siaran analog di wilayah tahap I lainnya akan terus dilakukan dengan update dan evaluasi secara mingguan. Pengumuman terkait wilayah yang akan mengalami ASO akan diinformasikan oleh Kemenkominfo kemudian," imbuh Dedy.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan saat ini masih dibutuhkan 32 infrastruktur multiplex untuk ASO tahap II dan III yang pembangunannya akan dilakukan oleh atau diambil alih tugas oleh pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo dan TVRI.

TVRI akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur multiplex sebanyak 17 infrastruktur dan Kemenkominfo menyelesaikan 15 infrastruktur.

"Total masih perlu dibangun 32 infrastruktur multiplex," kata Menkominfo dalam konferensi pers Kick Off Analog Switch Off (ASO) di Bandara Pondok Cabe, Jumat (29/4/2022).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

televisi televisi digital televisi analog
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top