Keluhan Pelanggan Indosat Ooredoo Hutchicon Turun 29 Persen Sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2022

Rahmi Yati
Minggu, 8 Mei 2022 | 10:46 WIB
Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat adanya penurunan jumlah keluhan pelanggan selama periode Ramadan hingga Lebaran 2022 sebesar 29 persen.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan perusahaan telah melakukan beberapa aktivitas peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan serta operasional Command Center fisik terpusat untuk memastikan pelanggan Tri dan IM3 menikmati pengalaman digital yang terbaik.

"Peralatan dan dasbor khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari telah berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 29 persen dibandingkan masa Lebaran tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, lebih dari 87 persen tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam," katanya dalam siaran pers dikutip Minggu (8/5/2022).

Vikram menyebutkan bahwa layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga memberikan dukungan atas penyelesaian kendala yang dialami pelanggan selama masa liburan Lebaran.

Selain itu, dia mengeklaim, pelanggan Tri dan IM3 sama-sama bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa liburan Lebaran dalam beberapa hari ke depan.

"Pada musim liburan kali ini, IOH mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27 persen pada 29 April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana sekitar 97 persen di antaranya dapat terlayani di jaringan 4G," ucap dia.

Bukan itu saja, Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13 persen di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Kenaikan trafik data yang signifikan terjadi di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi.

Lebih lanjut, trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, di antaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

"Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi. Beberapa site MOCN [Multi Operator Core Network] juga memberikan pengalaman lebih baik untuk aktivitas digital pelanggan di dalam ruangan," tutupnya.

Sebagai tambahan, pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi oleh Indosat Ooredoo Hutchison melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper