Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah Hari Ini, Yuri Gagarin Jadi Manusia Pertama ke Luar Angkasa

Yuri Alekseyevich Gagarin adalah seorang kosmonot berkebangsaan Uni Soviet yang menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, mencapai tonggak penting dalam Perlombaan Antariksa; kapsulnya, Vostok 1, menyelesaikan satu orbit Bumi pada 12 April 1961.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 12 April 2022  |  09:33 WIB
Yuri Gagarin
Yuri Gagarin

Bisnis.com, JAKARTA - 12 April 1961 merupakan sejarah penting untuk dunia antariksa, dimana Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang pergi ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1.

Yuri Alekseyevich Gagarin adalah seorang kosmonot berkebangsaan Uni Soviet yang menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, mencapai tonggak penting dalam Perlombaan Antariksa; kapsulnya, Vostok 1, menyelesaikan satu orbit Bumi pada 12 April 1961.

Gagarin merupakan manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. Dia menerima banyak penghargaan dan medali kehormatan, termasuk medali "Hero of the Soviet Union". Yuri Gagarin kemudian menjadi Deputi Direktur Pelatihan di Pusat Pelatihan Kosmonaut di luar kota Moskow. Untuk menghormati jasanya, tempat pelatihan ini kemudian dinamakan dengan namanya.

Dia meninggal ketika sedang melakukan latihan dengan pesawat MiG-15 dekat Moskwa, pada 27 November 1968. Berdasarkan laporan komisi Rusia yang ditandatangani oleh Presiden Rusia saat itu, Leonid Brezhnev, penyebab kematian Yuri Gagarin karena pesawatnya terlalu tajam saat bermanuver menghindari sebuah balon cuaca.

Vostok 1 adalah misi luar angkasa berawak pertama dalam program Vostok dan misi luar angkasa berawak manusia pertama dalam sejarah. Pesawat luar angkasa Vostok 3KA diluncurkan pada tanggal 12 April 1961. Penerbangan tersebut membawa Yuri Gagarin, seorang kosmonaut Uni Soviet, ke luar angkasa. Misi ini menandai pertama kalinya manusia terbang ke luar angkasa, serta penerbangan orbital pertama dari wahana antariksa berawak.

Vostok 1 diluncurkan oleh program luar angkasa Uni Soviet, dan dirancang oleh insinyur Soviet Sergei Korolev di bawah pengawasan militer Kerim Kerimov dan lainnya.

Kapsul Vostok 1 dirancang untuk membawa satu orang kosmonaut. Yuri Gagarin, 27 tahun, terpilih sebagai pilot utama Vostok 1 dengan Gherman Titov dan Gregori Nelyubov sebagai cadangan. Penugasan dibuat secara formal pada 8 April, empat hari sebelum misi, tetapi Gagarin telah menjadi favorit di antara kandidat kosmonaut lainnya selama beberapa bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

roket stasiun luar angkasa Astronot Sejarah Hari Ini
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top