3 Astronot AS dan Rusia Kembali ke Bumi, Pecahkan Rekor Hampir 1 Tahun di Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 31 Maret 2022 | 09:41 WIB
3 astronot yang tiba di bumi/space
3 astronot yang tiba di bumi/space
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang astronot NASA sukses kembali ke bumi dan mendarat di Rusia setelah memecahkan rekor AS dengan tinggal selama 355 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Dia kembali dengan dua kosmonot lainnya.

Mark Vande Hei mendarat di kapsul Soyuz di Kazakhstan bersama Pyotr Dubrov dari Badan Antariksa Rusia, yang juga menghabiskan satu tahun terakhir di luar angkasa, dan Anton Shkaplerov. Angin meniup kapsul ke sisinya setelah mendarat, dan ketiganya muncul satu per satu.

Vande Hei, yang terakhir keluar, menyeringai dan melambai saat dia dibawa ke kursi malas di padang rumput Kazakh yang terbuka.

“Indah sekali di sini,” kata Vande Hei, mengenakan masker wajah dan topi bola dilansir dari New York Times.

Meskipun ketegangan meningkat antara Amerika Serikat dan Rusia atas perang Rusia dengan Ukraina, kepulangan Vande Hei mengikuti prosedur biasa. Sebuah tim kecil yang terdiri dari dokter dan staf NASA siap untuk mendarat dan berencana untuk segera kembali ke Houston, Texas, bersama astronot berusia 55 tahun itu.

Bahkan sebelum invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, Vande Hei mengatakan dia menghindari topik pembicaraan dengan dua awak Rusianya. 

Itu adalah rasa gravitasi pertama bagi Vande Hei dan Dubrov sejak peluncuran Soyuz mereka pada 9 April 2021. Shkaplerov bergabung dengan mereka di laboratorium yang mengorbit pada Oktober, mengawal kru film Rusia untuk kunjungan singkat. Untuk memungkinkan kru film kembali ke Bumi dengan cepat, Vande Hei dan Dubrov memperpanjang masa tinggal mereka yang direncanakan.

Sebelum meninggalkan stasiun luar angkasa, Shkaplerov memeluk sesama astronot sebagai "saudara dan saudari luar angkasa saya".

“Orang-orang memiliki masalah di Bumi. Di orbit kami adalah satu kru," kata Shkaplerov dalam siaran langsung TV NASA, Selasa. Stasiun luar angkasa adalah simbol "persahabatan dan kerja sama dan ... masa depan eksplorasi ruang angkasa."

Ketegangan perang menggelegak di area ruang angkasa lainnya dengan penangguhan peluncuran satelit Eropa pada roket Rusia dan penjelajah Mars Eropa-Rusia terjebak di Bumi selama dua tahun lagi.

Vande Hei melampaui rekor NASA sebelumnya untuk penerbangan luar angkasa tunggal terlama dalam 15 hari. Dubrov pindah ke lima besar Rusia, jauh dari maraton 437 hari, 17 jam oleh seorang kosmonot-dokter di stasiun ruang angkasa Mir 1990-an. Itu tetap menjadi rekor dunia.

"Rekor yang pecah berarti kami membuat kemajuan," kata juara ketahanan luar angkasa NASA sebelumnya, pensiunan astronot Scott Kelly, yang misi 340 harinya berakhir pada 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper