Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Startup TipTip Resmi Raih Pendanaan Senilai US$10 juta dari East Ventures

Pendanaan ini dipimpin oleh East Ventures, dengan partisipasi dari Vertex, EMTEK, SMDV, dan beberapa family offices. TipTip beroperasi di Indonesia dan Singapura serta memiliki tim lebih dari 70 karyawan.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  09:45 WIB
Logo East Ventures, modal ventura yang mendanai Ruangguru, SIRCLO, Kudo, Tech in Asia dan lainnya. -  Bisnis
Logo East Ventures, modal ventura yang mendanai Ruangguru, SIRCLO, Kudo, Tech in Asia dan lainnya. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan atau startup TipTip, sebuah platform terpadu untuk kreator konten di wilayah Asia Tenggara, telah meraih pendanaan sebesar US$ 10 juta (143,5 miliar rupiah) dalam seri pendanaan tahap awal (seed), diklaim sebagai salah satu pendanaan seed terbesar yang pernah ada.

Pendanaan ini dipimpin oleh East Ventures, dengan partisipasi dari Vertex, EMTEK, SMDV, dan beberapa family offices. TipTip beroperasi di Indonesia dan Singapura serta memiliki tim lebih dari 70 karyawan.

Founder TipTip Albert Lucius menyebut, TipTip bertujuan untuk menjadi platform pilihan bagi kreator konten untuk melakukan monetisasi dari hobi mereka melalui sesi video yang personal, penjualan konten digital premium, dan peluang untuk berinteraksi langsung dengan pengikut (followers) mereka.

Dia mengklaim, kehadiran TipTip dapat mengisi kesenjangan akan beberapa fitur penting yang dihadapi oleh kreator konten yang berasal dari negara-negara berkembang di wilayah Asia Tenggara. Seperti kurangnya peluang monetisasi, pembayaran lokal dan integrasi KYC (know-your-customer) yang terbatas, serta tantangan terkait pembuatan plus distribusi konten melalui perangkat smartphone.

“Kami sangat menghargai dukungan dan kepercayaan yang kami terima di putaran pendanaan ini sebelum peluncuran TipTIp ke publik. Keyakinan mereka makin memperkuat visi kami akan potensi ekonomi kreator, dan solusi yang ditawarkan TipTip dapat menjadi one-stop solution untuk semua content creator di kawasan Asia Tenggara,” ujarnya dalam rilis, Selasa (29/3/2022).

Albert mengatakan, saat ini, TipTip sedang mempersiapkan peluncuran eksklusif (khusus dengan undangan) pada bulan April 2022, dan akan diikuti dengan peluncuran publik untuk pasar Indonesia setelahnya. Adapun dana yang terkumpul akan turut digunakan untuk memperluas tim dan mempercepat adopsi platform.

Mengomentari investasi tersebut, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menyebut, perusahaan percaya pada potensi ekonomi kreator di kawasan Asia Tenggara, terutama setelah melihat pertumbuhan pesat potensi pasar selama pandemi Covid-19.

"Jelas bagi kita beberapa perilaku konsumen yang terbentuk selama pandemi akan terus berlangsung setelah pandemi. TipTip berada di posisi yang tepat untuk menangkap hal tersebut. TipTip adalah produk untuk dunia pasca pandemi yang dirancang selama pandemi," ujar Wilson.

Sebagai informasi, East Ventures adalah perusahaan modal ventura atau venture capital (VC) yang terbuka pada seluruh sektor (sector-agnostic) dan pelopor investasi startup Indonesia. Berdiri pada tahun 2009, East Ventures telah menyediakan investasi tahap awal dan tahap lanjutan untuk lebih dari 200 perusahaan di Asia Tenggara.

East Ventures adalah investor pertama di unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia dan Traveloka. Perusahaan lainnya yang tergabung dalam portofolio East Ventures adalah Ruangguru, SIRCLO, Kudo (diakuisisi oleh Grab), Loket (diakuisisi oleh Gojek), Tech in Asia, Xendit, IDN Media, MokaPOS (diakuisisi oleh Gojek), ShopBack, KoinWorks, dan Sociolla.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal ventura StartUp east ventures
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top