Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Edutech Makin Prospektif, IIF Indonesia Suntik Dana ke Startup Cakap

Impact Investment Fund atau IIF Indonesia menyuntikkan pendanaan ke startup pendidikan, Cakap.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 26 Maret 2022  |  20:07 WIB
Shinta Kamdani. Bisnis - Nurul Hidayat
Shinta Kamdani. Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Impact Investment Fund atau IIF Indonesia menyuntikkan investasi ke perusahaan rintisan atau startup bidang pendidikan, Cakap. Perkembangan usaha berbasis nilai sosial semakin menjadi perhatian.

Hal tersebut tercantum dalam unggahan salah satu founder IIF, Shinta Widjadja Kamdani di akun resmi Instagramnya, @shintawidjadjakamdani. Informasi itu diunggah pada Sabtu (26/3/2022).

Shinta yang juga Koordinator Wakil Ketua Umum III Kamar Dagang Indonesia (Kadin) menjelaskan bahwa IIF menyepakati penyuntikan dana ke startup Cakap. Kesepakatan itu terjalin kemarin, Jumat (25/3/2022).

"Kemarin, IIF resmi menyuntikkan dana untuk pengembangan platform edutech Cakap, yang memfasilitasi pembelajaran online dengan interaksi dua arah antara siswa dan guru," tulis Shinta dalam unggahannya.

Menurutnya, IIF tertarik untuk mendanai perusahaan itu karena dapat turut meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pendanaan itu dapat membuat Cakap mampu berekspansi dan meningkatkan layanannya.

Shinta menilai bahwa usaha berbasis lingkungan, sosial, dan tata pemerintahan (environment, social, and government atau ESG) menjadi semakin menarik saat ini. Jenis-jenis usaha tersebut dapat berkembang dari sisi bisnis sekaligus membawa dampak positif bagi masyarakat.

"Sebagai salah satu founder IIF Indonesia, saya pribadi amat excited melihat semakin banyak UMKM baru di Indonesia yang menciptakan usaha berbasis pada nilai-nilai ESG," ujar Shinta.

Adapun, PT Cerdas Digital Nusantara atau Cakap merupakan startup pengembang aplikasi edukasi teknologi yang fokus pada pendidikan dua arah secara daring. Perusahaan itu menyediakan platform pembelajaran interaktif dengan menghubungkan siswa dan tutor melalui teks maupun panggilan video.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin StartUp pendanaan
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top