Jurus XL Axiata (EXCL) Percepat Transformasi Digital Indonesia

Rahmi Yati
Rabu, 9 Maret 2022 | 23:46 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) berkomitmen mendukung pemerintah melakukan transformasi digital pada segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satunya dilakukan dengan terus-menerus membangun infrastruktur telekomunikasi di berbagai wilayah.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan dari sisi bisnis, manajemen juga memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat dengan penyediaan beragam pilihan layanan telekomunikasi dengan harga terjangkau.

"Selain melakukan berbagai inovasi yang berorientasi pada bisnis telekomunikasi, XL Axiata juga telah banyak berinovasi pada aspek non bisnis sebagai penunjang akselerasi dan percepatan serta mendorong transformasi digital masyarakat Indonesia," ujar Ayu, sapaan akrabnya, Rabu (9/3/2022).

Dia mengaku, saat ini inovasi terbaru yang dijalankan XL Axiata yakni melalui program Desa Digital Nusantara (DDN) yang merupakan salah satu program keberlanjutan (sustainability) dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di era digital.

Melalui Program DDN, sambung Ayu, perusahaan berupaya untuk lebih memaksimalkan lagi usaha-usaha pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sarana digital agar mereka lebih siap masuk dan meraih manfaat dari ekonomi digital.

"Implementasi program tersebut sekaligus menjadi wujud dukungan kepada upaya pemerintah mengakselerasi adopsi digital hingga ke pelosok pedesaan," imbuh Ayu.

Lebih lanjut dia menuturkan, XL Axiata juga telah berinovasi dengan meluncurkan program-program sosial masyarakat berbasis digital yakni, program Laut Nusantara yang berbasis aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya nelayan untuk mencari ikan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup mereka.

Selanjutnya, ada program Sisternet yang merupakan program pemberdayaan perempuan yang memfasilitasi UMKM wanita untuk lebih melek digital dengan metode literasi digital.

Pada segmen milenial, XL Axiata juga mempunyai program XL Future Leaders yang menunjang para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengasah kemampuan soft skill dalam mempersiapkan diri mereka untuk menjadi pemimpin masa depan dan bersaing di global.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan saat ini Indonesia tengah melakukan percepatan transformasi digital dengan mengembangkan ekosistem serta talenta digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper