Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transformasi Traveloka dalam Satu Dekade hingga Jadi Lifestyle Superapp

Traveloka terus melakukan inovasi hingga satu dekade hingga menjadi lifestyle superapp.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  07:47 WIB
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Traveloka, terus melakukan transformasi selama beroperasi sejak satu dekade lalu atau tepatnya 29 Februari 2012.

Selama satu dekade hadir di tengah masyarakat, Traveloka telah melahirkan berbagai inovasi berbasis teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup konsumen yang terus berkembang.

Berangkat dari metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat, kini Traveloka telah bertransformasi menjadi lifestyle superapp dengan lebih dari 20 produk dan layanan dibawah tiga pilar utama, yaitu Perjalanan (Travel), Local Services, dan Layanan Keuangan (Financial Services).

Co-Founder Traveloka Albert menyebut, inovasi menjadi kunci utama bagi perusahaan teknologi untuk dapat terus berkembang, beradaptasi, dan menyediakan solusi yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen.

"Selama satu dekade ini, kami telah melahirkan beragam produk dan layanan, menghadirkan kemudahan bagi lebih dari 40 juta konsumen kami, menggandeng lebih banyak mitra yang kini jumlahnya telah mencapai jutaan," ujarnya dalam rilis, Rabu (23/2/2022).

Albert mengatakan, Traveloka menjadi unicorn tanah air pertama yang mengembangkan bisnis di luar negara asalnya, Indonesia. Sejak 2015, Traveloka mengepakkan sayapnya dan menjejakkan kaki di negara-negara lainnya di wilayah Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Menurut Albert, salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk terus berinovasi tergambar dari milestone Traveloka saat meluncurkan layanan Traveloka PayLater pada 2018.

Traveloka mengklaim sebagai pionir yang memperkenalkan konsep Buy Now Pay Later (BNPL) di Indonesia, dengan tujuan utama untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan akses layanan finansial.

Masih dalam ranah layanan keuangan, Traveloka juga mengklaim sebagai yang pertama memperkenalkan terobosan PayLater Virtual Number di Asia Tenggara, yaitu metode pembayaran dengan cicilan yang menggunakan nomor virtual.

Saat pandemi menghantam keras sektor perjalanan dan pariwisata, untuk membantu mitra yang terdampak pandemi, Traveloka menggelar program ikonik EPIC Sale yang sukses meningkatkan transaksi lebih dari 81.000 mitranya hingga lebih dari 150 persen ditengah pendapatan yang minim bahkan hampir tidak ada.

Dalam perjalanannya di satu tahun terakhir, Traveloka terus memperkuat posisinya sebagai lifestyle superapp dengan melengkapi portofolio produk dan layanannya guna menghadirkan solusi yang menyeluruh. Dibawah bendera Perjalanan (Travel), kini hadir Holiday Stays dengan inventori private accommodation yang lengkap serta QuickRide yang memungkinkan konsumen untuk memesan taksi melalui aplikasi Traveloka.

Sementara, fitur Traveloka Eats Delivery, Health, dan Online Xperience disematkan pada unit bisnis Local Services. Layanan Finansial (Financial Services) pun juga semakin berkembang dengan adanya Traveloka Gold, Traveloka PayLater Virtual Number hingga produk asuransi dengan cakupan yang makin luas.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp Traveloka
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top