Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar Daerah yang Kebagian STB Gratis pada ASO Tahap I

Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan pembagian secara gratis sebanyak 3.202.470 unit perangkat set top box (STB).
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  19:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membagikan sebanyak 3.202.470 unit perangkat set top box (STB) gratis menjelang analog switch off atau ASO tahap pertama pada 30 April 2022.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo Ismail mengatakan STB gratis ini merupakan bantuan yang diberikan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) yang datanya didapat dari Kementerian Sosial. 

Dengan begitu, sambung Ismail, diharapkan masyarakat RTM yang selama ini menggunakan TV analog dapat ikut beralih ke siaran TV digital dengan bantuan STB gratis tersebut.

"Daftar-daerah yang akan mendapatkan bantuan set top box beserta pihak dari penyelenggara multipleksing dipublikasikan melalui https://komin.fo/stbASO1," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (25/2/2022).

Ismail menuturkan,masyarakat dapat melihat dalam tautan itu untuk mengetahui daerah yang terdampak ASO serta jumlah STB yang akan diterima di masing-masing desa. Bukan itu saja, masyarakat juga dapat mengetahui penyelenggara yang bertanggung jawab untuk penyediaan STB di desa tersebut.

Adapun dia memerinci, jumlah STB yang disiapkan untuk ASO tahap pertama sebanyak 3.202.470 unit. Untuk rincian sesuai pembagian sumber penyediaan terdiri dari 893.044 unit dari grup SCM (SCTV dan Indosiar), 842.631 unit dari grup MNC (RCTI dan Global TV), 454.749 unit dari grup Trans Media (Trans TV dan Trans7), 519.930 unit dari grup Media (Metro TV), 368.990 unit dari grup RTV, dan 87.277 unit dari pemerintah.

Ismail menegaskan masyarakat RTM yang akan mendapatkan STB ini tidak perlu mendaftarkan dirinya secara pribadi. Pasalnya, pembagiannya akan mengacu pada data RTM yang didapat dari Kemensos dan masyarakat yang berhak mendapatkannya akan didatangi langsung oleh petugas.

Sementara itu, untuk masyarakat yang tidak termasuk dalam daftar RTM, Ismail mengimbau agar dapat membeli STB secara mandiri untuk tetap dapat menikmati siaran televisi digital. Menurutnya, harga STB di pasaran masih cukup terjangkau yakni berkisar antara Rp200.000-Rp300.000. 

“Bagi masyarakat yang tidak termasuk dalam daftar rumah tangga miskin calon penerima bantuan set top box dan sehari-harinya menggunakan siaran televisi analog, kami mengimbau agar segera membeli set top box secara mandiri dan tidak menunggu sampai siaran televisi analog dihentikan,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengaku Kemenkominfo telah mendapat dukungan dari para produsen elektronik dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan STB sehingga tidak menjadi halangan untuk pelaksanaan ASO bertahap sampai dengan 2 November 2022.

Dia juga terus mendorong lembaga penyiaran agar meningkatkan kualitas siaran digital dan menggencarkan sosialisasi kepada pemirsa agar beralih ke siaran digital.

"Mari kita bersama-sama memanfaatkan peluang digitalisasi televisi untuk menghadirkan siaran yang bersih, yang jernih, dengan mutu program-program siaran yang informatif dan menjadi sarana hiburan yang sehat di tanah air,” tutupnya. 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tv digital kemenkominfo migrasi siaran digital
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top