Catat! Ini Jumlah STB Gratis Beserta Penyedianya untuk ASO Tahap I

Rahmi Yati
Jumat, 25 Februari 2022 | 19:38 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membagikan sebanyak 3.202.470 unit perangkat set top box (STB) gratis menjelang analog switch off atau ASO tahap pertama pada 30 April 2022.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Ismail mengatakan pemerintah telah menyediakan bantuan STB gratis bagi Rumah Tangga Miskin (RTM).

Selain itu, infrastruktur multipleksing dan siaran digital juga dipastikan sudah ada di 56 wilayah layanan siaran yang mencakup 166 kabupaten dan kota sebagai lokasi implementasi tahap pertama.

“Di seluruh daerah yang telah dijadwalkan ASO tahap pertama, saat ini sudah terdapat siaran digital dan infrastruktur multipleksing yang dibutuhkan bagi setiap Lembaga Penyiaran untuk melakukan peralihan dari analog ke digital telah siap untuk mendukung ASO pada 30 April 2022 mendatang," kata Ismail dalam konferensi pers di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (25/2/2022).

Dia menyebut sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 46/2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, pemerintah membantu penyediaan STB bagi rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi digital pada saat dilakukannya ASO. 

Dalam ketentuan tersebut, lanjutnya, penyediaan STB bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing. Tetapi, apabila jumlahnya belum mencukupi maka pemerintah dapat melengkapinya dengan pembiayaan dari APBN atau sumber lainnya yang sah.

Ismail menyatakan jumlah STB yang disiapkan untuk ASO tahap pertama sebanyak 3.202.470 unit. Adapun rincian sesuai pembagian sumber penyediaan terdiri dari 893.044 unit dari grup SCM (SCTV dan Indosiar), 842.631 unit dari grup MNC (RCTI dan Global TV), 454.749 unit dari grup Trans Media (Trans TV dan Trans7), 519.930 unit dari grup Media (Metro TV), 368.990 unit dari grup RTV, dan 87.277 unit dari pemerintah.

"Jumlah set top box tersebut masih bisa bertambah dari Lembaga Penyiaran Swasta yang saat ini masih dalam proses evaluasi dan seleksi penyelenggaraan multipleksing. Adapun pengadaan set top box untuk ASO tahap pertama tengah berjalan dengan target selesai distribusinya pada 30 April 2022," imbuh Ismail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper