Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catat! Ini Jumlah STB Gratis Beserta Penyedianya untuk ASO Tahap I

Pemerintah akan membantu penyediaan STB bagi rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi digital pada saat dilakukannya analog switch off (ASO). 
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  19:38 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membagikan sebanyak 3.202.470 unit perangkat set top box (STB) gratis menjelang analog switch off atau ASO tahap pertama pada 30 April 2022.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Ismail mengatakan pemerintah telah menyediakan bantuan STB gratis bagi Rumah Tangga Miskin (RTM).

Selain itu, infrastruktur multipleksing dan siaran digital juga dipastikan sudah ada di 56 wilayah layanan siaran yang mencakup 166 kabupaten dan kota sebagai lokasi implementasi tahap pertama.

“Di seluruh daerah yang telah dijadwalkan ASO tahap pertama, saat ini sudah terdapat siaran digital dan infrastruktur multipleksing yang dibutuhkan bagi setiap Lembaga Penyiaran untuk melakukan peralihan dari analog ke digital telah siap untuk mendukung ASO pada 30 April 2022 mendatang," kata Ismail dalam konferensi pers di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (25/2/2022).

Dia menyebut sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 46/2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, pemerintah membantu penyediaan STB bagi rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi digital pada saat dilakukannya ASO. 

Dalam ketentuan tersebut, lanjutnya, penyediaan STB bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing. Tetapi, apabila jumlahnya belum mencukupi maka pemerintah dapat melengkapinya dengan pembiayaan dari APBN atau sumber lainnya yang sah.

Ismail menyatakan jumlah STB yang disiapkan untuk ASO tahap pertama sebanyak 3.202.470 unit. Adapun rincian sesuai pembagian sumber penyediaan terdiri dari 893.044 unit dari grup SCM (SCTV dan Indosiar), 842.631 unit dari grup MNC (RCTI dan Global TV), 454.749 unit dari grup Trans Media (Trans TV dan Trans7), 519.930 unit dari grup Media (Metro TV), 368.990 unit dari grup RTV, dan 87.277 unit dari pemerintah.

"Jumlah set top box tersebut masih bisa bertambah dari Lembaga Penyiaran Swasta yang saat ini masih dalam proses evaluasi dan seleksi penyelenggaraan multipleksing. Adapun pengadaan set top box untuk ASO tahap pertama tengah berjalan dengan target selesai distribusinya pada 30 April 2022," imbuh Ismail.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tv digital kemenkominfo migrasi siaran digital
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top