Daftar Kartu Internet Paling Cepat dan Stabil di Indonesia

Arif Fajar Setiadi
Sabtu, 19 Februari 2022 | 14:16 WIB
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pengguna smartphone saat ini dimanjakan dengan beragam produk perangkat telekomunikasi, termasuk kartu internet. Keberadaan kartu internet ini memampukan setiap orang untuk berselancar di dunia maya, mulai dari mengakses berita hingga media sosial.

Hanya saja kemampuan tersebut kerap kali terkendala ketika jaringan internet dari operator penyedia jaringan tidak mumpuni. Kegiatan mengunggah, mengunduh, berkomunikasi, dan menjelajah dunia maya bisa pada akhirnya pun terganggu.

Nah, lalu kartu internet dari operator seluler mana saja sih yang sekiranya tercepat dan stabil di Indonesia ini?

Dari penelusuran Solopos.com, ada lima kartu internet dari operator seluler di Indonesia yang masuk kategori tercepat dan stabil. Hal ini berdasar riset jaringan mobile Opensignal pada akhir 2021 dengan sejumlah kriteria.

Operator seluler Indonesia dengan download tercepat

Adapun peringkat pertama diduduki kartu Internet dari Telkomsel yang berada di angka tertinggi yaitu 16.3Mbps. Disusul XL Axiata dengan kecepatan download 15.5MBps.

Selanjutnya ada kartu internet dari Indosat, Tri, dan Smartfren. Ketiganya secara berturut-turut menduduki posisi 3 sampai 5 sebagai operator seluler dengan download tercepat.

Operator seluler Indonesia dengan upload tercepat

Kembali kartu internet dari Telkomsel menjadi terbaik dengan rata-rata kecepatan unggah 8.1Mbps. Disusul Indosat kecepatan download 7.2MBps. Lalu XL, Tri, dan Smartfren secara berturut-turut menduduki posisi 3 sampai 5.

Operator seluler Indonesia paling baik untuk gaming

Sementara itu, kartu internet dari operator seluler di Indonesia yang mempunyai performa paling baik untuk gaming adalah Tri dengan skor 68.2 Mbps. Lalu, di posisi kedua ada Telkomsel dengan skor 61.6 Mbps.

Kemudian, Smartfren menduduki posisi ke-3 dengan skor 58.4 Mbps, XL di posisi ke-4 dengan skor 56.1 Mbps, dan Indosat di posisi ke-5 dengan skor 52.4 Mbps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : JIBI/Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper