6 Platform CMS Terbaik dan Terpopuler untuk Website

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 10 Februari 2022 | 22:23 WIB
Sistem CMS yang dibutuhkan untuk membuat website
Sistem CMS yang dibutuhkan untuk membuat website
Bagikan

1Joomla, WooCommerce, Drupal, dan Wix

  1. Joomla

Joomla adalah platform CMS open source gratis populer lainnya yang hadir dengan banyak template dan ekstensi berbeda. Joomla gratis untuk digunakan, tetapi Anda memerlukan hosting dan nama domain. Joomla dikemas dengan fitur dan banyak web host yang menawarkan instalasi 1 klik. Namun, Joomla benar-benar platform CMS yang ideal untuk pengembang dan pembuat situs web berpengalaman. Jadi ini bukan pilihan yang baik untuk pemula.

Kelebihan Joomla

1. Joomla memberi Anda banyak fleksibilitas dan banyak pilihan. Joomla adalah pilihan yang baik jika Anda sedang membangun sesuatu yang rumit atau dipesan lebih dahulu.

2. Meskipun Joomla sangat berguna untuk pengembang, tetapi Anda masih dapat menggunakannya bahkan jika Anda tidak ingin menyentuh sebaris kode pun. Jadi, sangat mudah untuk mengedit konten Anda.

3. Joomla adalah open source dan ada banyak dukungan komunitas yang tersedia jika Anda buntu.

4. Anda dapat menggunakan Joomla untuk menjalankan toko e-commerce karena ada ekstensi yang tersedia untuk ini.

Kekurangan Joomla

1. Bahkan penggemar Joomla akan mengakui ini bisa sangat rumit. Bergantung pada yang ingin Anda lakukan dengannya. Jadi, Anda mungkin perlu menyewa pengembang untuk membantu.

2. Tidak banyak opsi untuk ekstensi tambahan. Jika Anda terbiasa dengan CMS seperti WordPress, yang memiliki ribuan tema dan plugin, Anda akan kecewa dengan Joomla.

3. Mungkin ada beberapa masalah kompatibilitas jika Anda memasang banyak ekstensi dan modul berbeda.

Harga Joomla

Joomla sendiri gratis, meskipun Anda harus membayar untuk nama domain dan hosting web yang mendukung Joomla. SiteGround adalah opsi yang bagus, karena mereka memiliki paket hosting Joomla khusus dengan banyak fitur praktis.

  1. WooCommerce

WooCommerce adalah platform e-commerce paling populer di dunia. Platform ini sangat fleksibel dan mudah dikelola. WooCommerce secara teknis bukan platform CMS itu sendiri. Sebagai gantinya, platform ini berjalan sebagai plugin di WordPress. Jadi, Anda harus memiliki WordPress di situs Anda untuk mengunduh WooCommerce.

Kelebihan WooCommerce

1. WooCommerce tersedia sebagai perangkat lunak gratis, tetapi Anda memerlukan hosting dan nama domain WooCommerce untuk memulai.

2. Tersedia banyak tema di WooCommerce yang membuatnya sangat mudah untuk merancang situs Anda terlihat persis seperti yang diinginkan.

3. WooCommerce memiliki banyak ekstensi yang tersedia (dikenal sebagai plugin WooCommerce) sehingga memungkinkan Anda menambahkan fungsionalitas ekstra ke situs Anda.

4. Anda dapat menjual produk fisik atau digital menggunakan WooCommerce. Bahkan dapat menjual produk afiliasi melalui tautan afiliasi.

5. Anda dapat sepenuhnya mengelola inventaris Anda melalui WooCommerce, sehingga membuatnya mudah untuk melacak apa yang Anda miliki dalam stok.

6. WooCommerce hadir dengan pembayaran PayPal dan Stripe secara default. Anda juga dapat menambahkan gateway pembayaran lainnya melalui ekstensi dan add-on.

Kekurangan WooCommerce

1. Ada banyak opsi berbeda di WooCommerce yang bisa sedikit mengkhawatirkan saat Anda baru menyiapkan situs web.

2. WooCommerce secara teknis berfungsi dengan tema WordPress apapun, tetapi Anda mungkin ingin tetap menggunakan tema yang dibuat khusus untuk WooCommerce buat dukungan yang lebih lama.

Harga WooCommerce

Plugin WooCommerce gratis, tetapi Anda mungkin perlu membayar untuk plugin dan ekstensi tambahan buat toko online Anda. Anda juga perlu membayar untuk nama domain dan akun hosting web. Bluehost adalah host web yang bagus untuk dipilih karena mereka akan mengunduh WooCommerce dan Tema Storefront untuk situs Anda.

  1. Drupal

Drupal adalah platform CMS open source lainnya. Ini adalah CMS di balik beberapa situs web utama, termasuk situs The Economist dan sejumlah situs universitas.

Drupal adalah pilihan yang baik untuk pengembang atau orang yang dapat menyewa pengembang. Drupal sangat bagus jika Anda bertujuan untuk membangun situs yang menangani banyak data. Anda dapat meng-host situs Drupal di SiteGround. Mereka menawarkan instalasi gratis dan bahkan dapat membantu Anda mentransfer situs Drupal yang ada.

Kelebihan Drupal

1. Sangat mudah untuk menambahkan konten di Drupal. Memilih jenis konten khusus sangat fleksibel dan menawarkan banyak pilihan.

2. Ada banyak modul berbeda yang tersedia dan dapat Anda tambahkan ke situs Anda (ini berfungsi seperti plugin WordPress).

3. Dukungan tersedia melalui opsi dukungan komunitas yang mirip dengan platform populer lainnya.

4. Manajemen pengguna itu mudah, dengan sistem bawaan situs Anda dapat membuat peran baru dan menentukan izinnya.

Kekurangan Drupal

1. Dengan Drupal, mungkin sulit untuk mengetahui cara mengubah tampilan situs Anda atau menambahkan ekstra. Hal ini jelas tidak ramah bagi pemula.

2. Sebagian besar situs web Drupal memiliki tema yang sangat disesuaikan dan dibuat oleh pengembang sehingga harganya bisa sangat mahal.

  1. Wix

Wix adalah platform CMS yang populer, meskipun memiliki beberapa keterbatasan. Namun, Wix ramah bagi pemula dan juga menawarkan paket gratis.

Kelebihan Wix

1. Interface drag dan drop Wix membuatnya sangat mudah untuk membuat halaman yang terlihat seperti yang diinginkan. Anda dapat memilih bagian mana pun dari halaman Anda dan mulai mengeditnya.

2. Ada banyak template siap pakai yang dapat Anda pilih di Wix. Fitur ini sepenuhnya responsif, sehingga terlihat bagus di ponsel dan komputer.

3. Anda dapat menambahkan banyak aplikasi ke situs Anda dari Wix App Market. Hal ini berfungsi seperti plugin WordPress untuk memberi fitur baru pada situs Anda.

Kekurangan Wix

1. Setelah Anda memilih template di Wix, Anda tidak dapat mengubahnya ke yang lain. Artinya Anda terjebak dengan tata letak yang tidak tepat untuk situs Anda.

2. Anda tidak dapat menjalankan toko e-commerce di Wix, kecuali Anda meningkatkan ke paket berbayar dan hanya bisa menerima pembayaran melalui PayPal atau Authorize.net.

3. Wix tidak memungkinkan Anda mengunduh data dan mengekspornya dengan mudah. Anda dapat mengunduh posting blog Anda (meskipun bukan gambar Anda) untuk memindahkannya, tetapi jika Anda memiliki halaman apapun di situs Anda, maka Anda harus menyalin dan menempelkannya secara manual.

4. Jika Anda menggunakan paket gratis, Anda akan memiliki nama domain dan iklan bermerek Wix di situs Anda. Iklan menghasilkan uang untuk Wix, bukan Anda.

Harga Wix

Anda dapat menggunakan Wix secara gratis, jika Anda senang dengan nama domain bermerek Wix dan iklan yang berjalan di situs Anda. Paket berbayar menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan mulai dari $13 per bulan (dibayar di muka setiap tahun).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper