Top 10 Pekerjaan di Era Metaverse, Anak Muda Perlu Persiapkan Diri!

Nabila Dina Ayufajari
Rabu, 9 Februari 2022 | 15:00 WIB
Pengunjung berada di dekat instalasi seni imersif berjudul Machine Halusinasi - Space: Metaverse saat acara Digital Art Fair Asia yang menampilkan seni digital dan NFT di Hong Kong, China, Minggu (3/10/2021) Bloomberg/Lam Yik
Pengunjung berada di dekat instalasi seni imersif berjudul Machine Halusinasi - Space: Metaverse saat acara Digital Art Fair Asia yang menampilkan seni digital dan NFT di Hong Kong, China, Minggu (3/10/2021) Bloomberg/Lam Yik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Metaverse telah menjadi topik hangat baru untuk industri teknologi. Karena pertumbuhannya, Metaverse Jobs mendapatkan daya tarik terutama bagi kelompok anak muda yang baru mulai atau sedang mendalami keahliannya.

Kehadiran Metaverse menandakan tumbuhnya beberapa peluang kerja untuk mengelola dunia secara efisien dan memberikan layanan yang menarik. Pekerjaan di Metaverse untuk masa depan akan terbukti bermanfaat bagi penggemar teknologi yang tertarik dengan domain ini. 

Namun, para calon pekerja membutuhkan banyak waktu dan pengalaman untuk mengasah keterampilan Metaverse Jobs mereka. Jadi, bagi Anda yang tertarik Metaverse Jobs, berikut adalah daftar karir yang perlu disiapkan dengan keahlian tertentu, seperti yang dilansir dari Analytics Insight, Rabu (9/2/2022):

1. Ilmuwan Riset Metaverse (Metaverse Research Scientist)

Ilmuwan riset Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) telah menjadi populer di industri teknologi saat ini. Akan tetapi, kemunculan metaverse telah mengedepankan peran ilmuwan riset Metaverse yang akan bertanggung jawab untuk membangun fondasi aplikasi Metaverse.

Mereka tidak akan berfokus pada pengembangan model digital dasar dalam skenario dunia nyata tetapi juga akan membangun infrastruktur yang terlihat dan dapat ditindaklanjuti untuk membangun solusi Metaverse.

2. Insinyur Blockchain (Blockchain Engineer)

Seorang insinyur blockchain secara teknis bertanggung jawab untuk menerapkan dan membuat blockchain digital buat solusi perusahaan. Area kerja insinyur blockchain biasanya berkisar pada konsultasi teknologi atau perusahaan layanan data. Namun di Metaverse, mereka akan bertanggung jawab untuk membuat dan merancang solusi blockchain.

3. Ahli Strategi NFT (NFT Strategist)

Ahli strategi NFT akan diminta untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang teknologi blockchain dan domain Metaverse Jobs. Mereka akan bertanggung jawab untuk menganalisis tren industri buat memberikan wawasan dan peluang yang dapat ditindaklanjuti. Ahli strategi NFT juga akan membuat rencana untuk menggabungkan konsep NFT, gamification, implementasi taktis, dan lainnya.

4. Perencana Metaverse (Metaverse Planner)

Para perencana Metaverse akan menciptakan infrastruktur pertumbuhan untuk bisnis Metaverse. Mereka membangun portofolio peluang strategis, mulai dari pembuktian konsep, percontohan hingga pengembangan yang melibatkan pengidentifikasian peluang pasar, membangun kasus bisnis, peta jalan, dan lainnya.

5. Pengembang Ekosistem (Ecosystem Developer)

Pengembang ekosistem akan bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan mitra dan pemerintah buat memastikan bahwa fungsi yang ada dapat dijalankan pada platform besar. Mereka bertanggung jawab untuk memungkinkan investasi pemerintah dalam infrastruktur dan menghidupkan komunitas besar bagi para peserta Metaverse.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper