Perluas Jangkauan, GoToko Pasok Barang ke Lebih Banyak Warung Kelontong

Ahmad Thovan Sugandi
Jumat, 4 Februari 2022 | 05:19 WIB
Pedagang warung kelontong menggunakan GoToko./Istimewa
Pedagang warung kelontong menggunakan GoToko./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Gerai Cepat Untung (GoToko), platform digital B2B hasil joint venture antara GoTo Group dan Unilever Group, memperluas jangkauan operasinya dengan memasok produk untuk warung kelontong di kawasan Jabodetabek.

CEO dan Direktur Utama GoToko Gurnoor Dhillon menyebut, perusahaan memutuskan untuk melanjutkan ekspansi setelah sukses membantu dan mengembangkan ribuan warung kelontong di Tangerang dan Tangerang Selatan setahun terakhir.

“Kami sangat senang dapat memberikan dampak positif dan nilai tambah yang optimal, oleh karena itu kami ingin platform digital GoToko dapat menjangkau lebih banyak para pelaku usaha warung kelontong,” ujar Gurnoor dalam rilis, Kamis (3/2/2022).

Gurnoor mengatakan, warung kelontong merupakan bagian dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pun mencatat saat ini ada sekitar 3,6 juta warung kelontong yang menyumbang hingga 80 persen terhadap penjualan ritel di Indonesia.

Menurut catatan Kementerian Koordinator Perekonomian, UMKM juga berkontribusi hingga 61,07 persen, atau setara dengan Rp8.573 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Meski memiliki kontribusi besar terhadap ekonomi nasional, masih ada sekitar 2,5 juta warung kelontong yang saat ini belum terlayani dengan baik akibat kompleksitas distribusi barang di Indonesia, dan sulit dijangkau oleh produsen barang kemasan ternama.

Menurut Gurnoor, selama ini pengusaha warung kelontong menghadapi berbagai tantangan, seperti kesulitan mendapatkan produk dengan harga kompetitif, terbatasnya produk yang ditawarkan, serta kurangnya layanan pengiriman barang yang andal dan hemat biaya.

“Kehadiran kami diharapkan bisa membantu pengembangan usaha warung kelontong. Kondisi ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi pasca-pandemi, terutama mendukung misi pemerintah sebagai tuan rumah G20 untuk lebih memberdayakan, sekaligus digitalisasi UMKM,” ujarnya.

Saat ini, GoToko menawarkan berbagai macam layanan pasokan produk dari berbagai produsen barang kemasan ternama. Mulai dari kategori produk makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, perlengkapan mandi, kecantikan dan kesehatan, serta kebutuhan bayi dari berbagai produsen.

Sementara itu, Head of Modern Trade dan Ecommerce Unilever Indonesia Hira Triadi menyebut, pihaknya menyambut baik ekspansi GoToko.

Perkembangan tersebut sejalan dengan misi awal kerja sama Unilever dengan GoJek melalui GoToko untuk meningkatkan taraf hidup UMKM dengan cara membukakan akses yang lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa.

“Selain itu, bagi Unilever Indonesia, kehadiran GoToko juga merupakan bagian yang penting sistem distribusi kami sebagai salah satu cara bagi para mitra pengusaha warung kelontong dalam mendapatkan produk-produk berkualitas dengan harga yang kompetitif,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper