10 Tips agar Ponsel Tahan lama dan Tidak Mudah Rusak

Tresia
Sabtu, 29 Januari 2022 | 21:53 WIB
Pengunjung berada di gerai ponsel pintar di sebuah pusat perbelanjaan, di Jakarta, Rabu (20/6/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Pengunjung berada di gerai ponsel pintar di sebuah pusat perbelanjaan, di Jakarta, Rabu (20/6/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Cara merawat ponsel memang susah-susah gampang. Simak 10 tips agar handphone tahan lama dan tidak mudah rusak.

Jika dilakukan dengan telaten, Anda tak perlu perawatan mahal agar handphone awet dan bisa bekerja secara optimal. 

Berikut 10 tips berupa anjuran dan larangan agar ponsel tahan lama dan tidak mudah rusak seperti dilansir dari channel YouTube Sisiterang pada Sabtu, (29/1/2022).

1. Matikan Bluetooth Saat Tidak Dipakai

Dengan mematikan bluetooth, Anda dapat mencegah unduhan yang tak perlu dan mungkin berbahaya untuk ponsel. Selain itu, dengan mematikan bluetooth tak akan ada peretas yang bisa masuk untuk membaca data kamu yang tersimpan diponsel.

2. Jangan Biarkan Ponsel Terpapar Cuaca

Melindungi ponsel bukan hanya dari hujan atau banjir. Hawa dingin dan panas, sama buruknya bagi ponsel. Gadget akan mulai melambat apabila berada pada suhu turun di bawah minus 40 derajat Celcius. Ponsel Anda juga bisa rusak permanen apabila terpapar sinar matahari di atas 45 derajat celsius.

3. Hindari Kabel Charger Murah atau Palsu

Meski tidak akan membahayakan ponsel secara langsung, kabel charger murah bisa membuat arus listrik tak stabil.

4. Bersihkan Lubang Charger Secara Teratur

Banyak kotoran dan debu yang menempel pada lubang charger handphone. Jika dibiarkan, kotoran tersebut maka akan berdampak pada kinerja ponsel. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan tusuk gigi kayu atau cotton buds pada lubang pengecasnya agar kotoran dan debu yang menempel dapat keluar.

5. Jangan Semprot Air

Banyak ponsel saat ini tidak tahan air. Proses penyemprotan langsung bisa membuat air masuk ke dalam bagian ponsel yang terbuka seperti microphone, jack charger, dan lainnya.

Jika ingin membersihkan ponsel dengan semprotan khusus ponsel, Anda sebaiknya menyemprotkan cairan terlebih dahulu pada kain microfiber. Setelah itu, bersihkan ponsel dengan kain tersebut.

6. Charge Sebelum Baterai Habis Total

Baterai ponsel yang habis atau 0 persen bisa membuat ponsel berisiko tidak mampu bertahan lama dari yang seharusnya. Setiap ponsel, memiliki jumlah siklus pengecasan masing-masing. Karena itu, usahakan mengisi baterai sebelum benar-benar habis.

7. Jangan Pasang Aplikasi Pengoptimal Baterai

Aplikasi optimalisasi baterai hanya menghapus yang berjalan di latar belakang dan membersihkan cache atau bagian dari memori ponsel yang menyimpan informasi yang sering digunakan.

8. Jaga Layar Beranda (Home) Seringkas Mungkin

Tahukah kamu, jika layar beranda atau home berantakan dapat membuat ponsel kesulitan untuk memuat semuanya dalam satu tempat Hal itu bisa berdampak pada perangkat keras handphone hingga membuat kinerja melambat

9. Jangan Simpan Ponsel di Saku Celana

Dengan menyimpan ponsel di saku celana, panas badan Anda akan menyebabkan baterai nya lebih cepat habis. Selain itu, ponsel juga tidak boleh berada di suhu panas karena akan melemahkan kinerjanya.

10. Matikan Ponsel Sekali dalam Seminggu

Cara terakhir, yaitu dengan matikan ponsel kemudian diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa menyalakannya kembali. Ini akan membantu mempercepat kerja ponsel, memperpanjang daya tahan baterai, mengosongkan semua beban yang tak diperlukan memori dan mencegah kerusakan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper