Ini Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis

Setyo Puji Santoso
Sabtu, 29 Januari 2022 | 18:49 WIB
Ilustrasi penggunaan ponsel di luar ruangan
Ilustrasi penggunaan ponsel di luar ruangan
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Di era serba digital kali ini penggunaan ponsel pintar atau smartphone memang menjadi sebuah kebutuhan.

Pasalnya, dengan berbagai fitur yang tersemat di dalamnya semua kebutuhan bisa dapat dipenuhi dengan mudah. Baik belanja, bekerja, belajar, maupun komunikasi.

Namun demikian, salah satu permasalahan klasik yang dialami oleh pengguna ponsel pintar adalah baterai cepat habis saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Lantas apa sebenarnya penyebab baterai ponsel cepat habis? berikut ini rangkuman yang dihimpun Bisnis dari laman Reader's Digest.

Koneksi buruk

Koneksi buruk juga turut mempengaruhi penggunaan daya pada ponsel Anda.

Sebab, ponsel akan mencari sinyal dari menara terdekat dan jika tidak ada respons, ponsel akan mengirim pesan ulang sehingga penggunaan daya semakin meningkat.

Untuk menghemat baterai saat koneksi sedang buruk atau berada di tempat terpencil, disarankan untuk menggunakan mode pesawat serta menggunakan WiFi terdekat.

Banyak aplikasi

Memiliki terlalu banyak aplikasi juga berpengaruh terhadap penggunaan daya baterai pada ponsel Anda.

Sebab, dalam aplikasi itu biasanya akan memberikan push notifications di layar ponsel Anda meski tidak semuanya dibutuhkan.

Pengembang piranti lunak Kylie Logue mengatakan, setiap mengaktifkan push notification, aplikasi ini akan mengecek secara periodik pemberitahuan di ponsel Anda.

“Layanan ini, ketika dikalikan dengan lebih dari 100 aplikasi, dapat dengan cepat menguras baterai ponsel seseorang karena permintaan yang terus-menerus dilakukan,” jelasnya.

Sebagai solusinya, disarankan untuk atur ulang aplikasi yang dapat mengirimi Anda peringatan untuk dinonaktifkan atau tidak.

Sering menelepon

Sering kali melakukan aktivitas telepon suara juga membuat baterai ponsel cepat habis.

Pakar telekomunikasi McRitchie mengatakan bahwa tidak seperti SMS, menelepon dapat menyebabkan baterai Anda mencapai titik puncaknya lebih cepat.

Menurutnya, menelepon menggunakan lebih banyak kapasitas jaringan yang tersedia dan juga harus memperkuat elemen suara. Beda dengan SMS atau email.

"Jika Anda dapat mengirim pesan teks atau email, Anda akan menghemat baterai Anda," jelasnya.

Banyak foto dan video

Banyak melakukan foto atau merekam video melalui ponsel juga membuat baterai cepat habis.

McRitchie mengatakan, mengambil gambar dan terutama video membutuhkan tenaga ekstra untuk memproses fungsi fokus kamera dan merekam gambar dan suara.

“Berhati-hatilah dengan video karena itu dapat menghabiskan baterai yang tersedia dengan sangat cepat jika dibandingkan dengan kamera sekalipun,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper