Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL (EXCL) Gandeng MoEngage Tingkatkan Layanan 57 Juta Pelanggan

XL Axiata dan MoEngage bekerja sama untuk meningkatkan layanan 57 juta pelanggannya di Indonesia.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  15:04 WIB
XL (EXCL) Gandeng MoEngage Tingkatkan Layanan 57 Juta Pelanggan
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - XL Axiata telah bekerja sama dengan MoEngage untuk menghadirkan konten yang makin personal, kontekstual, dan menarik ke lebih dari 57 juta pelanggannya.

Head Product and Design Services XL Axiata Reza Mirza menyebut ekonomi digital Indonesia berada pada titik terpenting karena masuknya generasi baru konsumen digital yang menginginkan pengalaman yang dipersonalisasi.

"Kami tidak hanya memberikan penawaran yang dipersonalisasi kepada pelanggan yang menyadari kebutuhan mereka tetapi juga menyelesaikan masalah di luar kebutuhan dan keinginan mereka," ujarnya dalam rilis pers, Rabu (12/1/2022).

Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, XL Axiata menggunakan MoEngage untuk mendorong keterlibatan pelanggan multi-channel melalui penawaran mereka, AxisNet dan myXL.

Reza mengatakan, platform keterlibatan pelanggan yang berbasis insights dari MoEngage memberikan XL Axiata pemahaman yang lebih tentang perilaku pelanggan dan analisis yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan retensi di semua titik kontak sepanjang siklus hidup pelanggan.

Dengan lebih dari 185 juta pengguna aktif, penetrasi pasar 68 persen, dan konsumsi rata-rata bulanan hingga 30 GB (per pengguna), menurut Reza, Indonesia termasuk dalam 10 negara teratas di dunia untuk penggunaan internet.

Menurutnya, lanskap telekomunikasi lokal didominasi oleh paket data tidak terbatas yang sering membuat segmen pengguna tidak puas dengan penerapan paket data, kecepatan yang tidak stabil, benefit yang terus berubah, dan kurangnya pengingat ketika data yang tersedia makin menipis. Akibatnya, pelanggan sering menggunakan beberapa kartu SIM dengan berbagai tujuan yang makin menambah kerumitan.

Arah ke depannya, dia melanjutkan, adalah menyediakan layanan sesuai dengan keinginan pelanggan baik dalam hal mendefinisikan ulang penggunaan data serta menawarkan pengalaman digital yang dipersonalisasi. Hal inilah yang coba diselesaikan oleh XL Axiata dengan mengimplementasikan MoEngage.

Reza menjelaskan, teknologi AI milik MoEngage akan membantu XL Axiata mengoptimalkan komunikasi dengan mengirimkan pesan yang sesuai kepada pelanggan, waktu dan saluran yang tepat. Dengan menganalisis perjalanan pelanggan, XL Axiata dapat mengidentifikasi kebutuhan pelanggan yang sesuai.

Founder dan CEO MoEngage Inc Raviteja Dodda menyebut, XL Axiata akan menata ulang komunikasi serta layanan pelanggan dengan mengadopsi solusi real-time dan terukur untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan.

"Kami sangat bangga dapat bermitra dengan XL Axiata dan berharap dapat membantu mereka mencapai keterlibatan terbaik di kelasnya dan membawa hubungan pelanggan mereka ke tingkat yang lebih tinggi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top