Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaringan 3G Bakal Dihapus, Telkomsel Buka Suara

Telkomsel memberikan respons usai pemerintah berencana melakukan pemadaman jaringan 3G.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  12:55 WIB
Teknisi memeriksa perangkat BTS (Base Transceiver Station) di dekat jalan tol Trans Jawa, Ngawi, Jawa Timur, Minggu (12/5/2019). - ANTARA/Nando
Teknisi memeriksa perangkat BTS (Base Transceiver Station) di dekat jalan tol Trans Jawa, Ngawi, Jawa Timur, Minggu (12/5/2019). - ANTARA/Nando

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) siap mematuhi arahan pemerintah mengenai pemadaman jaringan 3G. Pemadaman akan terus memperhatikan kualitas layanan yang diberikan Telkomsel kepada pelanggan.

General Manager External Corporate Communications Aldin Hasyim mengatakan perseroan akan mengikuti kebijakan/arahan yang nantinya akan dikeluarkan oleh pemerintah mengenai pemadaman jaringan 3G.

Aldin tidak menyebutkan jumlah base transceiver station (BTS) 3G yang akan dipadamkan Telkomsel pada tahun depan. Namun dia memastikan pemadaman tidak akan mengganggu kualitas layanan Telkomsel.

“Dengan tetap menjaga dan memastikan terpenuhinya kualitas layanan kepada pelanggan secara optimal,” kata Aldin, Rabu (29/12/2021).

Sekadar informasi, dalam laporan info memo, Telkomsel menggabungkan jumlah BTS 3G dan 4G, sehingga secara pencatatan sangat besar. Pada kuartal III/2021, jumlah BTS 3G/4G Telkomsel mencapai 195.458 BTS, bertambah 17.340 BTS secara tahunan.

Dalam posisi tersebut tidak diketahui, jumlah BTS 3G yang berkurang atau sudah dimodernisasi ke BTS 4G.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta kepada seluruh operator telekomunikasi untuk memadamkan jaringan 3G secara bertahap.

Johnny mengatakan bahwa jaringan 4G ke depannya akan menjadi tulang punggung internet di Tanah Air. 4G memiliki kualitas yang lebih baik dalam menyalurkan layanan data dibandingkan dengan 3G.

“Secara bertahap saya juga sudah minta kepada operator seluler untuk face out 3G,” kata Johnny di Jakarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel 3g
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top