Ilmuwan Temukan Organ Baru dari Tubuh Manusia

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 25 Desember 2021 | 17:07 WIB
masseter/healthjade.net
masseter/healthjade.net
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bagian tubuh yang belum pernah dikenali sebelumnya.

Bagian tubuh itu merupakan lapisan otot yang dalam di masseter, yang mengangkat rahang bawah dan sangat penting untuk mengunyah.

Buku teks anatomi modern menggambarkan otot masseter memiliki dua lapisan, satu dalam dan satu dangkal.

"Namun, beberapa teks sejarah menyebutkan kemungkinan adanya lapisan ketiga juga, tetapi mereka sangat tidak konsisten dengan posisinya," tulis penulis studi dalam sebuah laporan baru, yang diterbitkan pada 2 Desember di edisi online jurnal tersebut.

Jadi tim memutuskan untuk memeriksa apakah otot rahang yang menonjol mungkin memiliki lapisan super dalam yang tersembunyi, seperti yang disarankan oleh teks-teks sejarah.

Untuk melakukannya, mereka membedah 12 kepala mayat manusia yang telah diawetkan dalam formaldehida, dan  mengambil CT scan dari 16 mayat "segar" dan meninjau scan MRI dari subjek yang hidup, menurut laporan itu.

Melalui pemeriksaan ini, mereka mengidentifikasi lapisan ketiga otot masseter yang "berbeda secara anatomis". Lapisan yang dalam dan dalam ini membentang dari proses zygomatic proyeksi tulang yang membentuk bagian dari "tulang pipi" dan dapat dirasakan tepat di depan telinga hingga proses coronoid proyeksi segitiga pada tulang rahang bawah.

“Bagian dalam dari otot masseter ini jelas dapat dibedakan dari dua lapisan lainnya dalam hal jalur dan fungsinya,” penulis pertama Szilvia Mezey, seorang dosen senior di Departemen Biomedis di Universitas Basel di Swiss, mengatakan dalam sebuah pernyataan. . Berdasarkan susunan serat otot, lapisan otot kemungkinan membantu menstabilkan rahang bawah dengan "mengangkat dan menarik kembali" proses koronoid, tim menulis dalam laporan mereka. Dan faktanya, lapisan otot yang baru ditemukan adalah satu-satunya bagian dari masseter yang dapat menarik tulang rahang ke belakang, kata Mezey dilansir dari Livescience.

“Meskipun secara umum diasumsikan bahwa penelitian anatomi dalam 100 tahun terakhir tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat, temuan kami sedikit mirip dengan ahli zoologi yang menemukan spesies vertebrata baru,” penulis senior Dr. Jens Christoph Türp, seorang profesor dan dokter di University Center untuk Kedokteran Gigi Basel, mengatakan dalam pernyataannya.

Dalam makalah mereka, tim mengusulkan agar lapisan otot yang baru ditemukan diberi nama "Musculus masseter pars coronidea," yang berarti "bagian koronoid dari masseter."

Penemuan ini mungkin penting dalam konteks klinis, karena mengetahui tentang lapisan otot dapat membantu dokter untuk melakukan operasi dengan lebih baik di wilayah rahang itu dan merawat kondisi yang melibatkan sendi yang menghubungkan tulang rahang dengan tengkorak dengan lebih baik, catat mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper