DANA Klaim Siap Jadi Pionir Implementasi SNAP Mulai 2022

Ahmad Thovan Sugandi
Rabu, 22 Desember 2021 | 01:30 WIB
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta, Jumat (16/4/2021). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta, Jumat (16/4/2021). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - DANA mengaku siap menjadi pionir dalam implementasi Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang dicanangkan Bank Indonesia melalui Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara menilai SNAP bukan saja menciptakan sistem pembayaran yang efisien, efektif dan aman bagi masyarakat, tetapi juga membuka peluang kolaborasi yang lebih luas bagi industri guna meningkatkan inklusi keuangan.

"DANA merupakan first mover yang akan menerapkan SNAP bersama dengan first movers lainnya pada Juni 2022,” ujarnya dalam rilis pers, Selasa (21/12/2021).

Dia menambahkan DANA juga udah mengimplementasikan fitur QRIS baik untuk merchant presented mode (MPM), customer presented mode (CPM), tanpa tatap muka (TTM), transfer, tarik, setor (TTS) dan cross border.

Vince mengatakan DANA telah menyusun strategi dan timeline integrasi dengan beberapa perusahaan untuk implementasi SNAP di 2022, di antaranya dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan Bukalapak.

Menurutnya, dengan menerapkan standar keamanan praktik layanan Open API yang telah merata serta sistem yang lebih andal, secara jangka panjang DANA turut memberikan dampak dalam memperluas akses layanan keuangan, mengintegrasikan berbagai layanan perbankan, memudahkan pengelolaan keuangan, dan meningkatkan keamanan nasabah.

SNAP diluncurkan BI sebagai standar nasional untuk menyeragamkan bahasa, protokol, instruksi dan lain sebagainya dalam rangka memfasilitasi interkoneksi antaraplikasi sehingga mampu mendorong percepatan sistem pembayaran digital.

SNAP akan meningkatkan efisiensi keja sama antara penyedia jasa pembayaran (PJP) bank dan PJP non-bank, maupun pelaku ekonomi digital lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper