Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkom Siap Gelontorkan Triliunan Rupiah untuk Startup Tahun Depan

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan pihaknya siap gelontorkan triliunan rupiah untuk perusahaan rintisan (startup) pada tahun depan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  14:08 WIB
Telkom Siap Gelontorkan Triliunan Rupiah untuk Startup Tahun Depan
Layar menampilkan Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Muhammad Fajrin Rasyid memberikan pemaparan saat sesi diskusi bertema "Ekonomi Digital dalam Menciptakan Efisiensi Bisnis" dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenge 2022 di Jakarta, Kamis (16/12/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) akan menggelontorkan dana triliunan rupiah kepada perusahaan rintisan (startup) potensial pada tahun depan.

“Pada tahun ini kami menggelontorkan triliunan rupiah [untuk startup] dan tahun depan kemungkinan akan triliunan rupiah juga,” kata Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid dalam acara Bisnis Indonesia Business Challanges, Kamis (16/12).

Fajrin menjelaskan perseroan terbuka untuk berinvestasi ke perusahaan rintisan. Fajrin belum dapat memberi tahu berapa banyak perusahaan rintisan yang akan didanai oleh Telkom, melalui anak usaha mereka.

Pasalnya, pendanaan yang diberikan tergantung dari kondisi iklim perusahaan rintisan pada 2022.

“Jika misalnya tahun depan kondisi startup makin baik, mungkin kami akan berinvestasi dalam jumlah yang lebih besar,” kata Fajrin.

Sebagai gambaran, MDI Ventures sebagai perusahaan modal ventura milik Telkom, secara total telah berinvestasi ke lebih dari 50 perusahaan rintinsan. Khusus untuk 2021, jumlah perusahaan rintisan yang didanai mencapai 10 perusahaan.

Hal tersebut menandakan jika kondisi ekosistem startup pada tahun depan makin matang, maka terbuka peluang jumlah startup yang mendapat kucuran dana Telkom lebih dari 10 perusahaan rintisan.

“Tahun depan kami berharap pandemi Covid-19 makin mereda dan itu akan membuat kondisi iklim startup makin kondusif dan lebih banyak startup yang baru, yang akan bermunculan,” ujar Fajrin.

Sementara itu jika kondisinya memburuk, karena muncul gelombang baru Covid-19 dan lain sebagainya, itu akan mempengaruhi iklim perusahaan rintisan, termasuk rencana Telkom dalam berinvestasi ke startup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom StartUp Bisnis Indonesia Business Challenges (BIBC)
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top