Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak Erupsi Gunung Semeru, Layanan Telkomunikasi Terganggu

Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur menyebabkan terjadinya gangguan layanan jaringan telekomunikasi di beberapa lokasi.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 05 Desember 2021  |  14:36 WIB
Dampak Erupsi Gunung Semeru, Layanan Telkomunikasi Terganggu
Warga mengamankan barang berharga miliknya dari rumahnya yang rusak akibat diterjang material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat awan panas guguran Gunung Semeru tersebut puluhan rumah warga rusak dan ratusan warga mengungsi. ANTARA FOTO - Zabur Karuru
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, yang terjadi pada Sabtu (4/12) menyebabkan terjadinya gangguan layanan jaringan telekomunikasi di beberapa lokasi.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan gangguan disebabkan oleh terdampaknya pasokan arus listrik dan kondisi infrastruktur telekomunikasi milik operator seluler di sekitar lokasi.

"Proses pemulihan sedang dilakukan, namun terkendala kondisi wilayah yang masih berbahaya," ujar Dedy dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Minggu (5/12/2021).

Sesuai dengan update yang diterima Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pagi ini, beberapa BTS site yang dioperasikan oleh Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren mengalami pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN.

Saat ini, lanjutnya, tindakan pemulihan dan mitigasi seperti penyiapan back up genset sedang dilakukan.

Sementara untuk operator lain seperti Telkom, Fiberstar, dan Biznet, erupsi Gunung Semeru memutus jaringan kabel telekomunikasi (backbone) operator seluler.

Namun, Kemenkominfo menyatakan proses recovery yang tengah diupayakan terkendala karena status beberapa daerah masih berbahaya sehingga masih belum mengizinkan adanya kegiatan apapun.

"Saat ini tim sedang mencari backup jaringan yang tersedia dan mencari jalur alternatif yang terdekat dengan jalur existing untuk pemulihan jaringan telekomunikasi bagi masyarakat di sekitar lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi kominfo erupsi Gunung Semeru
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top