Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inovasi Dunia Kesehatan: Artificial Intelligence Membuat Rumah Sakit Semakin Pintar

Artificial Intelligence atau AI merupakan salah satu platform yang memiliki banyak peminat dalam perkembangan teknologi kesehatan masa depan,
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  09:00 WIB
Foto: dok. BitHealth
Foto: dok. BitHealth

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi mempercepat proses terjadinya inovasi di berbagai lini, tidak terkecuali Inovasi teknologi di bidang kesehatan. Salah satu platform yang memiliki banyak peminat dalam perkembangan teknologi kesehatan masa depan adalah Artificial Intelligence atau AI.

AI adalah sistem kecerdasan buatan berupa mesin yang diprogram untuk meniru fungsi kognitif manusia agar dapat berfikir dan meniru tindakan nya.  

Dalam teknologi Kesehatan modern sesungguhnya AI bukanlah hal yang baru. Dalam beberapa tahun terakhir, AI di bidang kesehatan dipercaya dapat membantu membuka informasi yang relevan secara klinis berdasarkan diagnosa yang terstruktur dan membantu petugas medis dalam membuat keputusan yang lebih akurat.

AI dapat membantu mengurangi kesalahan, membuat proses diagnosa menjadi lebih singkat dan efisien serta membantu membuat kesimpulan dari sebuah prediksi klinis.

Bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan rumah sakit, BitHealth perusahaan penyedia solusi kesehatan digital pertama di Indonesia yang berfokus pada spesialisasi dalam teknologi dan kesehatan digital, turut menciptakan sebuah solusi inovatif akan perkembangan Artificial Intelligence melalui platform Automatic Text Recognition (ATR). 

ATR dapat menjadi sebuah solusi khususnya bagi Rumah Sakit untuk mempercepat proses administrasi pendaftaran pasien baru, baik secara online melalui aplikasi maupun walk in.

Program ini bekerja melalui proses pemindai data yang memungkinkan anda untuk mengkonversi berbagai jenis dokumen melalui kamera digital dan diproses menjadi sebuah data yang dapat diedit dan dicari.

Program ini juga dapat terintegrasi dengan layanan yang telah dimiliki dengan tujuan untuk dapat menyempurnakan dan memudahkan rumah sakit dalam meningkatkan kelengkapan pengambilan data pasien dengan mempercepat proses penginputan data yang diperlukan. Skema ini terbukti dapat meningkatkan akurasi input data dan pengurangan waktu untuk menyelesaikan satu input data manual.

“Industri Kesehatan dihadapi dengan kenyataan dimana banyak orang Indonesia belum dapat menerima perawatan yang layak dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan keuangan. Rumah sakit terbeban lebih dan mempunyai sumber daya yang terbatas. Di BitHealth, kami mempunyai tujuan untuk mempermudah dokter dan rumah sakit melalui solusi  teknologi, dengan begitu mereka dapat merawat pasien dengan lebih baik,” kata Agus Wismoyo, CEO BitHealth.

Foto: dok. BitHealth

BitHealth turut menyadari bahwa perubahan positif akan lahir melalui sinergi dengan berbagai pihak. untuk itu BitHealth berkolaborasi dengan HIMMS (Healthcare Information and Management System), dengan menjadi certified partner dalam menyediakan layanan konsultasi dan pendampingan transformasi Electronic Medical Record melalui global best practice EMRAM dan O-EMRAM dalam memperkuat kemampuan teknologi rumah sakit di Indonesia agar memiliki standarisasi kelas dunia.

Dalam berkomitmen memajukan Industri Kesehatan di Indonesia, tentunya BitHealth tidak hanya berhenti sampai di sini. 

Melalui kemitraan dengan rumah sakit, klinik dan stakeholder, BitHealth akan terus berinovasi menciptakan solusi-solusi digital dan sistem kecerdasaan buatan dalam mengotomatisasi, menyederhanakan dan mengintegrasikan operasi manual menjadi lebih modern dan terdepan untuk pertumbuhan industri kesehatan serta berkontribusi dalam masa depan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Informasi Lengkap kunjungi: www.bithealth.co.id atau email di: [email protected].

#TransformasiDigital #DigitalTransformation #ArtificialIntelligence #InovasiDigital #HealthInovation #SolusiKesehatanDigital #TeknologiKesehatan #TransformasiDigitalKesehatan #HealthDigitalTransformation

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi artificial intelligence BitHealth
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top