5 Web Browser Terbaik untuk Jaga Data Pribadi

Ithamar Yaomi DC
Selasa, 9 November 2021 | 19:12 WIB
Ilustrasi aktivitas di depan komputer./REUTERS-Kacper Pempel
Ilustrasi aktivitas di depan komputer./REUTERS-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyaknya penyalahgunaan data pribadi di internet membuat Anda harus benar-benar memilih situs berselancar atau browser yang melindungi informasi dan menjaga privasi Anda.

Penggunaan browser yang asal-asalan bisa membuka peluang masuknya malware atau jenis virus lainnya sehingga membahayakan aset-aset digital Anda.

Berikut daftar 5 web browser terbaik untuk menjaga data pribadi dan privasi Anda seperti dilansir dari wrcbtv.com, Selasa (9/11/2021).

1. Mozilla Firefox

Firefox merupakan salah satu browser aman yang populer di kalangan pengguna internet. Firefox dilengkapi fitur penting, termasuk pemblokiran cookie pihak ketiga, pemblokiran sidik jari, mode penjelajahan pribadi, laporan perlindungan individu, peringatan situs web yang dilanggar, dan pengelola kata sandi bawaan.

Mozilla Foundation juga merupakan organisasi nirlaba sehingga mereka tidak memiliki insentif untuk menjual data pribadi.

2. Tor

Tor atau yang dikenal sebagai The Onion Router merupakan browser teratas untuk melindungi diri Anda dari pelacakan dan pengawasan. Tor menggunakan ekstensi perangkat lunak NoScript untuk menghapus lalu lintas web sebelumnya untuk memastikan jejak riwayat penelusuran Anda tercakup.

Developer Tor juga menggunakan koneksi internal yang disebut perutean bawang, yang membuat pengguna terhubung satu sama lain untuk mengakses server Tor.

3. Brave

Brave didirikan pada 2016 oleh Brendan Eich, pencipta JavaScript, untuk memastikan privasi total saat menjelajah internet. Brave memiliki lebih banyak fitur keamanan bawaan daripada Safari dan Chrome, termasuk pemblokiran pelacak lintas situs, tidak ada kumpulan alamat IP, dan perutean jaringan anonim (mode Tor).

Bukan itu saja, Brave memiliki adblocker yang terpasang yang dapat menghentikan pemasar melacak aktivitas online Anda.

4. DuckDuckGo

DuckDuckGo merupakan browser hebat untuk penjelajahan seluler pribadi. DuckDuckGo sebagian besar merupakan browser seluler, tetapi juga memiliki aplikasi desktop dan ekstensi Chrome.

Ekstensi Chrome dibundel dengan mesin pencari DuckDuckGo, pemblokir pelacak, dan penegak enkripsi. Dengan pemblokiran iklan bawaan dan mode pencarian pribadi, DuckDuckGo memastikan bahwa data Anda tidak pernah disusupi.

5. Epic

Epic merupakan browser web pribadi dan aman yang memblokir iklan, pelacak, sidik jari, penambangan kripto, dan banyak lagi. Epic merutekan semua lalu lintas web melalui server proxy yang secara otomatis memblokir pelacak dan cookie.

Dengan menggunakan Epic, maka dapat memastikan data Anda dienkripsi dan disembunyikan dari pemerintah, Google, perusahaan, dan ratusan pengumpul data lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper