JustCo Siapkan Layanan Baru usai Pandemi Covid-19 Mereda

Ahmad Thovan Sugandi
Selasa, 9 November 2021 | 07:30 WIB
Co-working space JustCo./ilustrasi
Co-working space JustCo./ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - JustCo, perusahaan rintisan di sektor penyedia layanan coworking space, menyiapkan sejumlah terobosan baru agar segera pulih usai dampak pandemi Covid-19 mulai mereda.

General Manager JustCo Thailand & Indonesia Joy Lertpitakkit menyebut bisnis coworking space sangat terdampak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengharuskan karyawan bekerja dari rumah.

"Namun, dengan adanya peraturan baru yang memperbolehkan bisnis untuk kembali bekerja dari kantor sebanyak 75 persen, dan tren kerja hybrid atau bekerja dari berbagai tempat selagi tetap terhubung dengan jaringan internet, kami optimistis kebutuhan ruang kerja yang fleksibel akan terus meningkat," ujarnya, Senin (8/11/2021).

Joy mengatakan saat ini perusahaan besar sudah mulai memberlakukan kerja campuran luring dan daring serta memilih tempat kerja yang fleksibel seperti coworking space, sehingga mendapat pilihan ruang kerja yang mudah diatur sesuai kebutuhan. Diperkirakan kebutuhan akan ruang kantor fleksibel akan meningkat.

Dalam 12 sampai 18 bulan terakhir, lanjutnya, JustCo telah menerima member baru seperti L’Oreal, Netflix dan TikTok. Hal tersebut membuat perusahaan yakin akan keberlangsungan ruang kerja fleksibel.

Dia berpendapat pandemi telah membuat banyak perusahaan beralih ke ruang kerja yang fleksibel sebagai salah satu solusi untuk menghemat biaya. Kondisi tersebut membuat JustCo mengubah pendekatan dan metode bisnisnya untuk lebih memanfaatkan teknologi.

Joy menuturkan ada perubahan pendekatan yang digunakan JustCo untuk menyikapi adanya pandemi. Pertama pendekatan penjualan, dalam hal ini JustCo tidak lagi menjual lebih banyak meja dan ruangan yang lebih besar, tetapi fokus kepada menyediakan solusi yang tepat bagi konsumen terkait ruang kerja.

Pendekatan kedua adalah penggunaan teknologi yang diterapkan pada sistem pelayanan. JustCo menjalin kerja sama dengan Reinvent Ventures untuk mengintegrasikan JustCo ke dalam Switch, platform teknologi untuk pemesanan ruang kerja atau coworking space. Layanan yang segara hadir di Indonesia tersebut memungkinkan pembayaran hanya untuk setiap penggunaan, sehingga lebih efektif dari segi pembiayaan.

Joy mengatakan ke depan JustCo akan menyediakan layanan pengelolaan aset gedung bagi para pemilik gedung maupun ruang kerja atau kantor. Layanan tersebut juga merupakan salah satu terobosan untuk pulih dari dampak pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper