Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 11 Aplikasi Populer Terintegrasi PeduliLindungi

Integrasi aplikasi Pedulilindungi ke 11 aplikasi populer dan dompet digital dinilai mampu meminimalisir terjadinya gangguan (error) terhadap akses platform tersebut.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Oktober 2021  |  13:27 WIB
Daftar 11 Aplikasi Populer Terintegrasi PeduliLindungi
Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di ponsel. - Bisnis/Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti Keamanan Siber Communication Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha menilai diperlukan komitmen penuh dari pemerintah untuk menjaga data pribadi masyarakat apabila PeduliLindungi akan diintegrasikan ke 11 aplikasi populer.

Dia memahami bahwa integrasi aplikasi Pedulilindungi ke 11 aplikasi populer dan dompet digital dinilai mampu meminimalisir terjadinya gangguan (error) terhadap akses platform tersebut.

“Masyarakat tentunya terbantu, yang punya Bukalapak bisa akses [PeduliLindungi] melalui Bukalapak, begitupun Tokopedia dan Gojek atau Grab. Silakan digunakan karena itu mempermudah masyarakat. Namun, kembali tugas pemerintah yang memastikan data milik masyarakat ini aman,” tuturnya, Selasa (5/10/2021).

Dia menilai platform pembayaran digital termasuk yang rawan terkena serangan siber.

Berdasarkan riset dari Palo Alto Networks, 62 persen dari 400 responden menilai sistem pembayaran digital berpeluang diretas. Lalu, 66 persen menyebut bahwa platfom dagang elektronik (e-commerce) juga berpotensi dibobol.

Lebih lanjut, dia mengapresiasi niat pemerintah yang berkolaborasi dengan sejumlah platform digital untuk memudahkan masyarakat mengakses fitur PeduliLindungi.

Dia menegaskan langkah solutif tersebut harus dibarengi dengan penguatan perlindungan data pribadi.

Berkolaborasinya 11 platform digital dengan PeduliLindungi memunculkan pertanyaan akankah data pribadi tetap aman. Hal ini lantaran sebelumnya terjadi kebocoran data pada aplikasi electronic Health Alert Card (e-HAC).

"Potensi (kebocoran data) sih selalu ada , karena platform-platform itu kan sebenarnya juga tidak kuat-kuat banget," katanya

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan, pada minggu kedua Oktober 2021 akan mulai mengintegrasikan 11 aplikasi populer dengan fitur PeduliLindungi.

Kebijakan Kemenkes untuk membuka akses dan terhubung dengan 11 aplikasi tersebut bertujuan memudahkan masyarakat. Pasalnya, telah digunakan oleh banyak orang, maka pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

“Keamanan data harus jadi prioritas, karena ketika terjadi kebocoran data tidak ada yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Mereka hanya bisa menjadi korban sehingga pemerintah yang perlu untuk berkomitmen melindungi ranah [data pribadi] ini,” katanya.

Berikut daftar 11 aplikasi yang terintegrasi dengan fitur PeduliLindungi:

1. Gojek

2. Grab

3. Tokopedia

4. Traveloka

5. Tiket

6. Dana

7. Livin' by Mandiri

8. Cinema XXI

9. LinkAja

10. Goers

11. Jaki

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top