Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nokia Rilis Cip FP5, Simak Keunggulannya

Perkembangan arsitektur awan (cloud), 5G, dan Industri 4.0 mendorong terjadinya transformasi jaringan menjadi alasan Nokia merilis Cip FP5.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 September 2021  |  10:17 WIB
Nokia Rilis Cip FP5, Simak Keunggulannya
Nokia. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Nokia resmi meluncurkan FP5 yaitu cip prosesor generasi kelima dari protokol internet (IP) routing silicon yang menawarkan kinerja tinggi dan meningkatkan kapasitas jaringan secara efisien.

President of Network Infrastructure Nokia Federico Guillén mengatakan FP5 juga memungkinkan penyedia layanan untuk mengaktifkan layanan IP berkecepatan lebih tinggi dan memberikan perlindungan terhadap ancaman keamanan jaringan yang semakin meningkat.

“Nokia meningkatkan standar dengan menambahkan dukungan untuk routing interfaces 800GE dengan kepadatan tinggi, pengurangan konsumsi daya sebesar 75 persen, dan embedded line rate baru, serta kemampuan enkripsi flow based,” tuturnya lewat rilisnya, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya, perkembangan arsitektur awan (cloud), 5G, dan Industri 4.0 terus mendorong terjadinya transformasi jaringan, oleh karena itu penyedia layanan juga semakin memerlukan jaringan IP dengan kecepatan tinggi sehingga bisa bekerja dengan aman, cepat dan berkelanjutan.

Sementara itu, dia melanjutkan FP5 menghadirkan lapisan perlindungan jaringan dengan mengenalkan ANYsec, yaitu line rate baru, kemampuan enkripsi flow-based yang terintegrasi langsung ke chipset.

ANYsec mendukung pengiriman layanan IP yang aman termasuk Multiprotocol Label Switching (MPLS) dan segment routing, on-demand dan dalam skala besar tanpa mempengaruhi kinerja atau efesiensi daya.

“Sekarang penyedia layanan dapat memastikan integritas dan kerahasiaan semua data yang mengalir melalui jaringan mereka,” ujarnya.

Dia melanjutkan, platform layanan router Nokia adalah yang paling pertama mendukung hight-density 800GE dan clear channel routing interfaces 1.6 Tb/s untuk aplikasi termasuk diantaranya mobile transport, IP core, peering, BNG dan provider edge.

FP5-based line card yang baru akan mendukung 14.4 Tb/s (19.2 Tb/s dengan kemampuan agregasi dari Nokia’s intelligent).

Seri terbaru dari platform 7750 Service Router-1 akan memungkikan secara tetap memanfaatkan FP5 untuk bisa digunakan pada lokasi jaringan yang lebih kecil.

Prosesor jaringan Nokia FP5 dapat menurunkan konsumsi daya per bit sebesar 75 persen. Ini dikarenakan FP5 kompatibel dengan FP4 dan terintegrasi penuh ke dalam versi terbaru Service Router Operating System (SR OS) Nokia, semua fitur yang ada dari awal didukung dengang hardware yang baru. Melalui startegi evolusi hardward dan software yang terintegrasi ini, Nokia memberikan perlindungan investasi yang tidak tertandingi dan berkelanjutan kepada para pelanggannya.

Sebagai prosesor jaringan yang sepenuhnya dapat diprogram, FP5 memungkinkan kecepatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan jaringan seiring dengan perubahan standar dan aplikasi.

Performa deterministiknya dikombinasikan dengan informasi telemetri yang banyak, bisa memastikan operator jaringan dapat mendorong jaringan IP yang dapat dipelihara dan diperbaiki baik saat ini maupun di masa depan.

“Pelanggan kami menginginkan jaringan yang kuat, cepat dan mudah beradaptasi FP5 adalah langkah signifikan dari segi kinerja, kemanan, efisiensi, dan sebuah kombinasi keunggulan perangkat lunak,” ujarnya.

Menurutnya, Fp5 juga merupakan investasi perusahaan dalam otomatisasi jaringan dan peralatan dapat membuka bab baru dalam kepemimpinan jaringan IP dan Inovasi silikon IP Nokia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget nokia
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top