IDC: Belanja Korporasi untuk Keamanan Data Naik 20 Persen

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 15 September 2021 | 19:53 WIB
Ilustrasi/youtube
Ilustrasi/youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga riset IDC mengungkapkan belanja modal perusahaan untuk sektor keamanan data pada Juli 2021 meningkat 20 persen secara tahunan. Artinya, perusahaan makin sadar akan pentingnya sebuah data. 

Managing Director IDC ASEAN Sudev Bangah mengatakan berdasarkan laporan IDC Cloud Pulse Asia Pasific, sebanyak 84 persen organisasi di Indonesia membutuhkan penyedia manajemen layanan yang dapat membantu mereka dalam mengatur lingkungan digital pada Juli 2021.

Tidak hanya itu, laporan yang sama juga menunjukkan 44 persen perusahaan yang diteliti ingin memiliki keamanan data yang kokoh.

“Keamanan data juga dianggap sebagai hal yang penting, mereka ingin memiliki layanan komputasi awan yang dapat menjamin keamanan mereka,” kata Sudev dalam Konferensi Virtual Lintasarta Cloudeka, Rabu (15/9/2021). 

Menurut Sudev, biaya yang mereka keluarkan untuk keamanan data perusahaan tercatat meningkat 20 persen pada 2021 dibandingkan dengan 2020. Hal tersebut disebabkan aktivitas pekerjaan dilakukan secara hibrida - luring dan daring - selama pandemi.

Selain itu, para pengambil kebijakan di perusahaan menyadari bahwa data sangat penting untuk membantu bisnis makin berkembang pada masa depan.

“Peningkatan juga terjadi karena perusahaan makin menyadari ancaman dari serangan siber,” kata Sudev. 

Sementara itu, Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani mengatakan perbankan memiliki aturan mengenai perlindungan konsumen yang ketat. 

Jika dahulu perbankan langsung berhubungan dengan konsumen, saat ini perbankan menggunakan kanal digital dan pihak lain. Meski demikian masih dibutuhkan dukungan regulasi untuk menjaga keamanan data ini. 

“Menuju 2030 butuh perlindungan karena kalau tidak ini berbahaya, karena melibatkan pihak lain di luar perbankan dan konsumen,” kata Aviliani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper