Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apple Watch Series 7 atau Apple Watch Series 6, Pilih yang Mana?

Simak perbandingan Apple Watch Series 7 dan Apple Watch Series 6. Mulai dari desain, fitur, warna, hingga harga.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 15 September 2021  |  19:57 WIB
Apple Watch 7 - Cnet.com
Apple Watch 7 - Cnet.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bersamaan dengan peluncuran series iPhone 13, Apple juga meluncurkan Apple Watch Series 7 generasi berikutnya. Lihat perbandingan antara Apple Watch Series 7 dengan Apple Watch Series 6.

Apple sudah menghadirkan berbagai series Apple Watch. Pengguna dapat memilih ingin membeli Apple Watch generasi sebelumnya atau membeli generasi terbaru.

“Layar yang lebih luas meningkatkan keseluruhan pengalaman, membuat Apple Watch lebih mudah digunakan dan dibaca. Series 7 mewakili pemikiran terbesar dan tercerdas kami,” tulis Apple dalam laman resmi seperti dikutip, Rabu (15/9/2021).

Jadi, mana yang harus Anda pilih jika Anda ingin membeli Apple Watch? Simak perbandingan Apple Watch Series 7 dan Apple Watch Series 6, dilansir dari Beebom.

1. Desain
Desain model Apple Watch kurang lebih tidak berubah selama beberapa tahun terakhir. Namun, untuk Apple Watch 7, Apple telah membuat sedikit perubahan desain untuk membuatnya menonjol dan menarik lebih banyak pengguna.

Apabila dibandingkan dengan Apple Watch 6, Apple telah membuat model Apple Watch 7 jauh lebih melengkung secara keseluruhan. Selain itu, model terbaru hadir dalam dua ukuran baru yang lebih besar, yakni model 41mm dan model 45mm.

Selain itu, Apple Watch 7 hadir dengan peringkat WR50 yang sama untuk ketahanan air, sama seperti pendahulunya. Namun, tidak seperti model Series 6, Apple Watch Series 7 adalah Apple Watch pertama yang memiliki peringkat IP6X untuk ketahanan terhadap debu.

2. Tampilan
Apple telah meningkatkan tampilan pada Apple Watch 7. Jika dibandingkan dengan layar 1,78 inci di Apple Watch 6, layar pada Apple Watch 7 lebih luas 20 persen dan memanjang ke tepi.

Meskipun Series 7 akan memiliki dimensi yang sama dengan Series 6, tampilan pada Apple Watch 7 lebih besar dan lebih imersif dari sebelumnya. Selain itu, tampilan sekarang membulat di sudut dan memberikan efek sampul untuk memberikan tampilan yang lebih kohesif pada jam tangan generasi berikutnya.

Begitu pula dengan layar Apple Watch 7 yang lebih terang 70 persen lebih terang dibandingkan layar Apple Watch 6. Tak berhenti di sana, Apple juga telah mendesain ulang beberapa elemen UI pada Series 7 untuk memanfaatkan area layar yang lebih besar.

3. Fitur
Apple biasanya memperkenalkan fitur baru dan eksklusif untuk model Apple Watch generasi baru setiap tahun. Namun, tahun ini ada fitur yang eksklusif untuk Apple Watch 7.

Apple Watch 7 akan hadir dengan sensor pemantauan kesehatan yang sama seperti pendahulunya. Pada series ini, Apple juga tidak terdapar fitur pelacakan kesehatan baru yang diperkenalkan dengan model terbaru.

Fitur-fitur baru di dalam Watch 7 hanya akan mencakup fitur-fitur yang datang dengan watchOS 8. Jadi, dengan pembaruan yang akan datang pada 20 September, pengguna akan dapat melacak pilates, yoga, dan aktivitas serupa lainnya bersama dengan integrasi Apple Fitness+.

Anda juga dapat mengatur tampilan jam Portrait di watchOS 8. Selain itu, satu-satunya fitur eksklusif Apple Watch 7 yang tidak ada pada pendahulunya adalah keyboard layar yang disebutkan di atas dengan QuickPath dan Machine Learning (ML) mendukung.

4. Kinerja
Apple Watch 7 bakal ditenagai oleh system-in-package (SiP) S6 yang sama dengan Seri 6. Prosesor ini pada dasarnya didasarkan pada chipset Apple A13 Bionic dan mendukung model Apple Watch tahun lalu.

Oleh karena itu, Anda seharusnya tidak mengharapkan peningkatan besar dalam kinerja dengan Apple Watch 7 dibandingkan dengan pendahulunya. Namun, dengan pengoptimalan watchOS 8, model yang lebih baru mungkin terasa sedikit lebih cepat dan lancar daripada model yang sudah ada.

5. Daya Tahan Baterai
Meskipun Apple tidak mengungkapkan kapasitas baterai Apple Watch 7, perusahaan mengklaim untuk memberikan daya tahan baterai 18 jam yang sama dengan sekali pengisian daya, seperti Apple Watch 6.

Namun, Apple menyebutkan bahwa Apple Watch 7 akan dapat mengisi penuh hingga 33 persen lebih cepat dari pendahulunya. Apple Watch 7 dapat mengisi daya hingga 80 persen dalam 45 menit dan sesi pengisian daya 10 menit dapat memberikan daya yang cukup untuk pelacakan tidur 8 jam.

6. Pilihan Warna
Untuk opsi warna, Apple telah memperluas opsi warna untuk model aluminium Apple Watch 7. Model aluminium untuk Watch 6 hadir empat warna, yaitu Silver, Gold, Space Grey, dan Blue. Namun, Watch Series 7 akan tersedia dalam lima warna, yaitu Midnight, Starlight, Green, Blue, dan Red.

Sementara dari segi bahan, Apple Watch Series 7 tersedia dalam tiga bahan, yaitu titanium, stainless steel, dan aluminium yang dapat didaur ulang.

7. Harga
Dengan layar 20 persen lebih luas dan batas yang lebih tipis hanya 1,7 mm, serta 40 persen lebih kecil daripada Series 6, Apple Watch Series 7 dibanderol mulai dari US$399 atau sekitar Rp5,6 juta seperti pendahulunya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple Apple Watch iPhone 13
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top